Hella Frima, Atmaja (2016) STUDI EKSPERIMEN : METODE INKUIRI DENGAN METODE KOOPERATIF PADA MATA PELAJARAN PENGGUNAAN ALAT UKUR LISTRIK DI SMK N 1 PUNDONG. S1 thesis, Fakultas Teknik.
|
Text
Hella Frima Atmaja 17.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Hasil belajar siswa ranah kognitif antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode inkuiri dibanding siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode kooperatif; (2) Hasil belajar siswa ranah psikomotorik antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode inkuiri dibanding siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode kooperatif. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Experiment dengan model non equivalent control group design. Subyek penelitian ini yaitu siswa SMK N 1 Pundong sejumlah 62 siswa dari kelas X TITL A dan kelas TITL B. Kelas X TITL A sebagai kelas eksperimen dan kelas X TITL B sebagai kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 19 Maret - 27 April 2016. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan lembar observasi tes unjuk kerja. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar pretest-posttest dan tes unjuk kerja digunakan untuk mengukur psikomotorik siswa. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, Uji independent sample t-test dengan taraf kesalahan 5%. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) Terdapat perbedaan hasil belajar ranah kognitif antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode inkuiri dibanding dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode kooperatif. Ditinjau dari skor posttest siswa yang mengikuti kelas pembelajaran dengan metode inkuiri memiliki skor rata-rata hasil belajar ranah kognitif ( =87,38) lebih besar dibanding dengan skor rata-rata hasil belajar ranah kognitif ( =83,33) siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode kooperatif. Perhitungan Uji-T beda subyek diperoleh harga sebesar 2,113, sedangkan nilai untuk df = 60 sebesar 2.000 dengan demikian harga > , (2) Terdapat perbedaan hasil belajar ranah psikomotorik antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode inkuiri dibanding dengan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode kooperatif. Ditinjau dari skor tes unjuk kerja siswa yang mengikuti kelas pembelajaran dengan metode inkuiri memiliki skor rata-rata hasil belajar ranah psikomotorik ( =76,45) lebih besar dibanding dengan skor rata-rata hasil belajar ranah psikomotorik ( =73,07) siswa yang mengikuti pembelajaran dengan metode kooperatif. Perhitungan Uji-T beda subyek diperoleh harga sebesar 2,212, sedangkan nilai untuk df = 60 sebesar 2.000 dengan demikian harga > . Kata Kunci: Studi Eksperimen, Metode Inkuiri, Metode Kooperatif.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 07 Dec 2016 02:39 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 12:07 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44330 |
Actions (login required)
View Item |