ANALISIS MAKNA DAN FUNGSI LAGU PADA KESENIAN “SENI NALURI REYOG BRIJO LOR” DALAM RANGKA UPACARA BERSIH DESA KALIKEBO, TRUCUK, KLATEN

Febrianto, Rendy (2016) ANALISIS MAKNA DAN FUNGSI LAGU PADA KESENIAN “SENI NALURI REYOG BRIJO LOR” DALAM RANGKA UPACARA BERSIH DESA KALIKEBO, TRUCUK, KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_RENDY FEBRIANTO_12208241043.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap bagaimana makna dan fungsi lagu Seni Naluri Reyog Brijo Lor. Lagu reyog yang berbeda dengan reyog pada umumnya, membuat peneliti ingin mengungkap bagaimana makna dan fungsi lagu Seni Naluri Reyog Brijo Lor. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah pendukung Seni Naluri Reyog Brijo Lor, sedangkan objek dalam penelitian ini makna dan fungsi lagu dalam kesenian Seni Naluri Reyog Brijo Lor.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data kualitatif menggunakan reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu Seni Naluri Reyog Brijo Lor mempunyai syair yang unik dan mempunyai makna yang mendalam tentang nilai-nilai kehidupan. Peneliti membagi kedalam makna denotatif dan makna konotatif. Makna denotatif lagu tersebut mengambil kata-kata dari alam dan seisinya, contohnya berbagai jenis bunga, nama-nama hewan, dan tumbuhan lain yang menggunakan bahasa Jawa. Makna konotatif lagu tersebut mengandung sindiran, nasihat, dan unsur cerita. Lagu tersebut juga mempunyai fungsi tertentu. Peneliti mengungkap beberapa fungsi tersebut yaitu: (1) sebagai sebuah bentuk hiburan, (2) membantu pendidikan, (3) member sarana kritik sosial, (4) fungsi upacara adat, (5) kesinambungan kebudayaan, (6) fungsi norma keluarga, (7) fungsi norma adatistiadat, (8) fungsi nasihat, (9) fungsi pengungkapan estetika, (10) fungsi pengatur pertunjukkan, (11) fungsi perlambangan, dan (12) fungsi pengiring tari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 05 Dec 2016 03:13
Last Modified: 30 Jan 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44224

Actions (login required)

View Item View Item