RAGAM PERTANYAAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MAN KOTAMADYA YOGYAKARTA

Oktaviana, Kurniawati (2016) RAGAM PERTANYAAN GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MAN KOTAMADYA YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
KURNIAWATI OKTAVIANA.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ragam pertanyaan guru dan siswa dalam pembelajaran biologi di MAN Kotamadya Yogyakarta. Penelitian deskriptif ini menggunakan metode observasi dengan running recording. Penelitian ini dilaksanakan di dua Madrasah Aliyah Negeri (MAN) yang melaksanakan Kurikulum 2013 di Kota Yogyakarta yaitu MAN Yogyakarta I dan MAN Yogyakarta II pada bulan Februari hingga April 2016. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan perlengkapan rekam video. Pertanyaan yang dihimpun dianalisis oleh tiga panelis dengan kualifikasi telah menempuh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan nilai minimal A. Pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru dalam pembelajaran biologi menekankan pada ranah kognitif dan cenderung mengajukan pertanyaan tertutup. Pertanyaan –pertanyaan yang diajukan oleh siswa dalam pembelajaran biologi juga cenderung menekankan pada ranah kognitif dan pertanyaan tertutup. Kata kunci: pertanyaan, ragam pertanyaan, pembelajaran biologi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 05 Dec 2016 08:34
Last Modified: 30 Jan 2019 12:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44214

Actions (login required)

View Item View Item