PERSEPSI ORANG TUA DAN GURU TENTANG PERKEMBANGAN DAN PENDIDIKAN SEKSUAL ANAK AUTISTIK USIA REMAJA DI SLB AUTIS CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA

Santiana, Nur Jannah (2016) PERSEPSI ORANG TUA DAN GURU TENTANG PERKEMBANGAN DAN PENDIDIKAN SEKSUAL ANAK AUTISTIK USIA REMAJA DI SLB AUTIS CITRA MULIA MANDIRI YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SANTIANA NUR JANNAH_12103241060.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai persepsi orang tua dan guru tentang perkembangan dan pendidikan seksual anak autistik usia remaja di SLB Autis Citra Mulia Mandiri Yogyakarta. Penelitian berlangsung di SLB Autis Citra Mulia Mandiri dengan subjek penelitian tiga orang tua/wali dan tiga guru anak autistik usia remaja. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui metode kuesioner dan wawancara berdasarkan pedoman yang telah dibuat. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik yaitu membandingkan hasil kuesioner dengan wawancara. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) orang tua mengungkapkan bahwa perkembangan seksual anak autistik usia remaja sama seperti anak pada umumnya hanya saja beberapa anak autistik mengalami perkembangan yang lebih cepat maupun lebih lambat. Pendidikan seksual penting diberikan kepada anak autistik yang mulai memasuki usia remaja, namun orang tua belum memiliki pengetahuan yang cukup banyak tentang pendidikan seksual sehingga orang tua masih mengalami kesulitan dalam memberikan pendidikan seksual. 2) guru mengungkapkan bahwa perkembangan seksual anak autistik usia remaja secara umum sama dengan anak pada umumnya. Perbedaannya hanya pada cara mengekspresikannya, anak autistik cenderung menyalurkan seksualnya kepada diri sendiri dan orang lain. Pendidikan seksual sangat penting diberikan kepada anak autistik yang mulai memasuki usia remaja. Pendidikan seksual yang diberikan oleh guru secara insidental karena di sekolah belum memiliki kurikulum tentang pendidikan seksual sehingga guru belum memiliki pedoman dalam memberikan pendidikan seksual kepada anak autistik.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Dec 2016 09:36
Last Modified: 30 Jan 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44191

Actions (login required)

View Item View Item