IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA AKOMODATIF PADA SISWA BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SD INKLUSI NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA

Sayidah, Alawiyah (2016) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATEMATIKA AKOMODATIF PADA SISWA BERKESULITAN BELAJAR MATEMATIKA DI SD INKLUSI NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
SAYIDAH ALAWIYAH_12103241027.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran matematika akomodatif merupakan salah satu layanan pendidikan yang penting diberikan kepada siswa berkesulitan belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan implementasi pembelajaran matematika akomodatif pada siswa berkesulitan belajar di SD Inklusi Negeri Giwangan Yogyakarta. Pendekatan yang digunakan ialah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Subjek penelitian meliputi guru kelas, guru pembimbing khusus, kepala sekolah, dan siswa berkesulitan belajar matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Intrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara dan pedoman observasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan metode triangulasi dan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Inklusi Negeri Giwangan telah melakukan asesmen kepada siswa berkesulitan belajar matematika. Asesmen tersebut meliputi asesmen psikologis dan asesmen akademik. Program pendidikan individual (PPI) disusun sebagai bentuk pemenuhan kebutuhan belajar siswa. PPI tersebut diimplementasikan dalam pelaksanaan pembelajaran matematika akomodatif. Akomodasi dalam pembelajaran matematika meliputi: 1) akomodasi materi dan cara pengajaran, 2) akomodasi tugas dan penilaian, 3) akomodasi waktu, serta 4) akomodasi lingkungan belajar. Keempat akomodasi tersebut belum terlaksana secara optimal, terutama dalam penggunaan metode dan media pembelajaran. Guru pembimbing khusus memiliki peran yang lebih dominan daripada guru kelas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Dec 2016 09:33
Last Modified: 30 Jan 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44190

Actions (login required)

View Item View Item