EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PEMBAGIAN BAGI SISWA AUTISTIK KELAS IV SD DI SLB TEGAR HARAPAN YOGYAKARTA

Rahman, Hidayatsyah Trysananda (2016) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN METODE PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PEMBAGIAN BAGI SISWA AUTISTIK KELAS IV SD DI SLB TEGAR HARAPAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
RAHMAN HIDAYATSYAH TRYSANANDA_12103244029.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas penggunaan metode Pendidikan matematika realistik indonesia terhadap kemampuan berhitung pembagian bagi siswa autistik kelas IV SD di SLB Tegar Harapan Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian subyek tunggal (Single Subject Research). Subyek penelitian yaitu satu orang siswa autistik kelas IV SD di SLB Tegar Harapan Yogyakarta. Penelitian dilakukan dengan menggunakan desain penelitian A–B–A’. Pengambilan data dilaksanakan dengan menggunakan tes kemampuan berhitung pembagian dan observasi. Analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif berupa analisis visual grafik. Data yang diperoleh dianalisis melalui analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode Pendidikan Matematika Realistik Indonesia efektif memberikan pengaruh yang positif terhadap kemampuan berhitung pembagian bilangan asli. Rata-rata skor tes kemampuan berhitung pembagian subyek pada fase baseline awal sebesar 21 dengan persentase skor sebesar 52,5%. Sedangkan pada fase intervensi Rata-rata skor tes kemampuan berhitung pembagian subyek membaik menjadi sebesar 35,8 dengan rata-rata persentase skor sebesar 89,6%. Setelah diberikan intervensi, ratarata (mean level) skor tes kemampuan berhitung pembagian subyek sebesar 37,33 dengan rata-rata (mean level) persentase skor sebesar 93,3%. Perubahan level data antara fase intervensi dan baseline awal yaitu sebesar 25%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode Pendidikan Matematika Realistik Indonesia efektif terhadap kemampuan berhitung pembagian siswa autistik kelas IV SD di SLB Tegar Harapan Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Dec 2016 09:30
Last Modified: 30 Jan 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44189

Actions (login required)

View Item View Item