PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA FOTO SERI PADA ANAK TUNARUNGU KELAS IV SDLB WIYATA DHARMA I TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA

Lisa, Budi Prilastuti (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI MEDIA FOTO SERI PADA ANAK TUNARUNGU KELAS IV SDLB WIYATA DHARMA I TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
09103244043_LISA BUDI PRILASTUTI.pdf

Download (97MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu kelas IV SLB Wiyata Dharma I Tempel melalui penggunaan media foto seri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 2 orang siswa tunarungu. Penelitian terdiri dari atas 2 siklus. Siklus pertama terdiri atas 3 pertemuan dan siklus kedua terdiri atas 2 pertemuan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan membaca pemahaman, observasi dan wawancara. Metode analisis data yang digunakan adalah desktriptif kuantitatif dengan persentase. Data disajikan dalam bentuk analisis, tabel dan grafik histogram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah digunakan media foto seri kemampuan membaca pemahaman siswa tunarungu mengalami peningkatan. Pada siklus I kemampuan membaca pemahaman AY yaitu sebesar 75%, dari kondisi awal 60 menjadi 75 dengan predikat baik, dan kemampuan membaca pemahaman subjek RZ sebesar 60%, dari kondisi awal 50 menjadi 60 dengan predikat cukup. Peningkatan tersebut diperoleh melalui penggunaan media foto seri dalam pembelajaran membaca pemahaman sesuai dengan urutan kejadian dalam bacaan. Siswa diberikan kesempatan bertanya jika menemukan kesulitan. Pada siklus II kemampuan membaca pemahaman yaitu AY sebesar 90%, kondisi awal 60 menjadi 90 dengan predikat baik, dan subyek RZ sebesar 77,5%, kondisi awal 50 menjadi 77,5 dengan predikat cukup. Peningkatan tersebut diperoleh melalui tindakan yang hampir sama dengan siklus I dan guru memberikan pujian kepada siswa agar lebih termotivasi dalam melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Dec 2016 09:16
Last Modified: 30 Jan 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44185

Actions (login required)

View Item View Item