KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN BOWLING DALAM MATERI OPERASI PENGURANGAN BILANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG

Isnaini, Rodhiya (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN BOWLING DALAM MATERI OPERASI PENGURANGAN BILANGAN PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103241004_ISNAINI RODHIYA.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan media permainan bowling terhadap pembelajaran matematika dalam materi operasi pengurangan pada anak tunagrahita kategori sedang. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A’. Subyek penelitian merupakan siswa tunagrahita kategori sedang kelas VC1, yakni subyek MAG. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan ditampilkan dengan bentuk tabel dan grafik. Komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi yang meliputi panjang kondisi, estimasi kecenderungan arah, kecenderungan stabilitas, jejak data, level stabilitas dan rentang, dan perubahan level. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan selama proses pembelajaran kemampuan operasi pengurangan selama sesi intervensi adanya progress atau peningkatan dalam frekuensi kesalahan dan durasi ialah dengan sesi baseline-1 (A) = 3sesi, intervensi(B) = 6sesi dan baseline-2(A’)= 3sesi. Analisis data frekuensi kesalahan dari subyek : (A) sejajar, (B) dan (A’) naik yang berarti telah ada peningkatan skor yang menandakan adanya penurunan frekuensi kesalahan. Durasi kecenderungan arah dari ketiga fase pada subyek menurun yang artinya durasi mengerjakan tugas semakin pendek. Level stabilitas dan rentang pada frekuensi, subyek dalam tiga fase stabil sedangkan durasi pada subyek MAG dari ketiga fase stabil. Perubahan level pada MAG di frekuensi kesalahan fase A sejajar, B (+10), A’ (+5), sedangkan di durasi fase A (+2), B (+10), A’(+5). Kesimpulan akhir adalah penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan media permainan bowling dapat mengefektifkan dalam kemampuan materi operasi pengurangan pada anak tunagrahita kategori sedang.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Dec 2016 09:13
Last Modified: 30 Jan 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44184

Actions (login required)

View Item View Item