EFEKTIFITAS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PENGURANGAN RISIKO BENCANA ALAM UNTUK ANAK TUNAGRAHITA TIPE RINGAN KELAS VIII SMPLB SLB C1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA

Sondy, Yanuarta (2014) EFEKTIFITAS MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN PENGURANGAN RISIKO BENCANA ALAM UNTUK ANAK TUNAGRAHITA TIPE RINGAN KELAS VIII SMPLB SLB C1 DHARMA RENA RING PUTRA I YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103244002_SONDY YANUARTA.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media Video Pembelajaran pada materi pembelajaran pengurangan risiko bencana alam pada anak tunagrahita tipe ringan kelas VIII SMPLB di SLB Dharma Rena Ring Putra 1 Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini menggunakan quasy eksperimen atau eksperimen semu. Penelitian ini dilakukan perlakuan sebanyak enam pertemuan, dengan subyek siswa tunagrahita tipe ringan kelas VIII SMPLB di SLB C1 Dharma Rena Ring Putra I Yogyakarta yang berjumlah 3 siswa dengan inisial SY, YNF, dan WM. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan metode observasi, metode tes prestasi belajar, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan menggunakan tes tanda dengan persentase. Hasil analisis pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa media Video Pembelajaran efektif dalam pembelajaran pengurangan risiko bencana alam untuk anak tunagrahita tipe ringan kelas VIII SMPLB di SLB Dharma Rena Ring Putra I Yogyakarta. Keefektifan tersebut ditunjukkan oleh hasil analisis data menggunakan tes tanda menunjukkan hasil pengujian p= 0,031 lebih kecil dari p =0,05.Ditentukan oleh perbandingan pre test dan post test tiap-tiap subjek yang mengalami perubahan. Perubahan yang di alami subjek SY dapat terlihat dari nilai pre-test yang diperoleh sebesar 69,23% dan nilai post-test mendapatkan nilai 84,61% perubahan yang dialami subjek SY yaitu sebesar 15,38%. Subjek YNF pada saat pre-test mendapat nilai 84,61% sedangkan pada saat post-test mendapatkan nilai sebesar 92,30%, perubahan yang dialami subjek YNF yaitu sebesar 7,69%. Subjek WM mendapat nilai pre-test 23,07% dan nilai post-test 76,92%, perubahan yang dialami subjek WM yaitu sebesar 53,85%. Langkah penerpan untuk Video Pembelajaran pada penelitian ini dengan siswa diminta untuk mengamati isi dari Video Pembelajaran yang muncul di layar televisi dan dibantu guru untuk menjelaskan secara verbal untuk mempertajam materi yang muncul. Pada isi Video Pembelajaran terdapat pertanyaan yang terkait materi pengurangan risiko bencana alam. Saat pertanyaan muncul guru menegaskan secara verbal pertanyaan tersebut untuk kemudian siswa diminta menjawab. Kemudian muncul penjelasan terkait pertanyaan yang telah muncul dan dipertegas secara verbal. Kata kunci: pembelajaran pengurangan risiko bencana alam, Video Pembelajaran, siswa tunagrahita kategori ringan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 02 Dec 2016 09:10
Last Modified: 30 Jan 2019 12:03
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44183

Actions (login required)

View Item View Item