PENGARUH LAGU-LAGU PERJUANGAN TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA PADA KELOMPOK EKSTRAKURIKULER PADUN SUARA DI SMA NEGERI 1 BLITAR

Reksa, Gladia Yuanda (2016) PENGARUH LAGU-LAGU PERJUANGAN TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA PADA KELOMPOK EKSTRAKURIKULER PADUN SUARA DI SMA NEGERI 1 BLITAR. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
PDF SKRIPSI GLADIA.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh lagu-lagu perjuangan terhadap sikap nasionalisme siswa pada kelompok ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 1 Blitar. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh ketertarikan peneliti terhadap proses pembelajaran pada ekstrakurikuler paduan suara di SMA Negeri 1 Blitar yang menjadikan lagu-lagu perjuangan sebagai materi utama yang diberikan. Pada proses pembelajaran tersebut syair dari lagu-lagu perjuangan diulas dan didiskusikan sehingga dapat dinyanyikan dengan penuh ekspresi. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto dengan mengunakan pendekatan kuantitatif. Kovariat pengetahuan sejarah dimasukkan ke dalam desain pada penelitian ini sebagai kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 1 Blitar sedangkan sampel terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok paduan suara dan kelompok kontrol yang diambil secara acak. Jumlah responden yaitu 36 orang pada masing-masing kelompok. Instrumen yang digunakan untuk mendapatkan skor sikap nasionalisme adalah angket tertutup yang valid dan reliabel, sedangkan nilai pengetahuan sejarah didapatkan dari dokumentasi nilai akhir semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Data disajikan dalam bentuk diagram dan tabel. Analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik inferensia yaitu analisis kovarian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lagu-lagu perjuangan berpengaruh terhadap sikap nasionalisme siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai F = 23,059 dengan signifikansi 0,00 < 0,05 dan besarnya pengaruh 25%. Dengan demikian, maka lagu-lagu perjuangan dapat menjadi faktor yang baik dalam terbentuknya sikap nasionalisme. Di sisi lain, kovariat pengetahuan sejarah tidak berpengaruh terhadap sikap nasionalisme dengan signifikansi sebesar 0,529 > 0,05.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 02 Dec 2016 02:00
Last Modified: 30 Jan 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44162

Actions (login required)

View Item View Item