Pengaruh Penggunaan Bahasa Inggris Ragam Lisan, Intensitas Pemanfaatan Media, dan Kelengkapan Sumber Belajar terhadap Kemampuan Listening Comprehension Siswa SMP di Kabupaten Sleman.

Oktarini, Eka (2016) Pengaruh Penggunaan Bahasa Inggris Ragam Lisan, Intensitas Pemanfaatan Media, dan Kelengkapan Sumber Belajar terhadap Kemampuan Listening Comprehension Siswa SMP di Kabupaten Sleman. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-eka-oktarini-13706251023.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki empat tujuan. Tujuan pertama yakni untuk mengetahui pengaruh secara bersama-sama intensitas penggunaan bahasa Inggris ragam lisan, pemanfaatan media, dan kelengkapan sumber belajar terhadap kemampuan listening comprehension Siswa SMP di Kabupaten Sleman. Tujuan kedua untuk mengetahui intensitas pengaruh penggunaan bahasa Inggris ragam lisan pada kemampuan listening comprehension siswa di kelas VIII pada SMP di Kabupaten Sleman. Ketiga adalah untuk mengetahui pengaruh intensitas pemanfaatan media pembelajaran pada kemampuan listening comprehension siswa di kelas VIII pada SMP di Kabupaten Sleman. Keempat yaitu untuk mengetahui pengaruh kelengkapan sumber belajar pada kemampuan listening comprehension siswa di kelas VIII pada SMP di Kabupaten Sleman Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto, yang terdiri atas tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Variabel bebasnya adalah penggunaan bahasa Inggris ragam lisan (X¬¬1), intensitas pemanfaatan media (X2), kelengkapan sumber belajar (X3), dan variable terikatnya adalah kemampuan listening comprehension Siswa SMP di Kabupaten Sleman (Y). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri Kabupaten Sleman tahun ajaran 2015/2016. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas dua SMP Kabupaten Sleman yang berjumlah 7786 orang. Sampel yang dipilih sebanyak 370 siswa, dengan menggunakan teknik stratified proportional random sampling. Instrumen penelitian menggunakan angket dan tes. Kualitas intrumen test yang digunakan adalah Item Respons Theory dengan menggunakan program QUEST. Data dianalisis dengan teknik statistik Regresi Ganda yang diteruskan dengan Korelasi Parsial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan bahasa Inggris ragam lisan, intensitas pemanfaatan media, dan kelengkapan sumber belajar secara bersama-sama mempengaruhi kemampuan listening comprehension siswa SMP di Kabupaten Sleman dengan nilai analisis Regresi (F = 0,038 p ≤ 0,05). Pengaruh penggunaan bahasa Inggris ragam lisan terhadap kemampuan listening comprehension adalah sebesar 12,6 % dengan nilai Korelasi Parsial (r = 0,126, sig. p ≤ 0,05, Beta 0,126). Pengaruh Intensitas pemanfaatan media terhadap kemampuan listening comprehension adalah sebesar 0,8% dengan nilai Korelasi Parsial (r = - 0,080, Sig. p ≤ 0,05, Beta -0,080). Dan pengaruh kelengkapan sumber terhadap kemampuan listening comprehension sebesar 1,4% dengan nilai Korelasi Parsial (r = -0,014, Sig. p ≤ 0,05 Beta -0,014).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan listening comprehension, Penggunaan bahasa Inggris ragam lisan, Intensitas pemanfaatan media dan kelengkapan sumber belajar.
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Nov 2016 08:30
Last Modified: 08 Nov 2022 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44067

Actions (login required)

View Item View Item