Pengembangan Media Majalah Anak Berbasis Karakter Rasa Ingin Tahu untuk Meningkatkan Minat Baca dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di UPT Sleman Yogyakarta.

Retnoningsih, Diyah Ayu (2016) Pengembangan Media Majalah Anak Berbasis Karakter Rasa Ingin Tahu untuk Meningkatkan Minat Baca dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV di UPT Sleman Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-diyah-ayu-retnoningsih-14712251044.swf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi kebutuhan siswa terkait kurang optimalnya minat baca dan kemampuan berpikir kritis, (2) mengetahui kelayakan majalah anak berbasis karakter rasa ingin tahu berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan uji coba produk, dan (3) mengetahui keefektifan majalah anak berbasis karakter rasa ingin tahu yang dikembangkan terhadap minat baca dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian pengembangan ini mengacu pada langkah yang dikembangkan oleh Borg & Gall (2007). Desain pengembangan tersebut dikelompokkan atas empat prosedur pengembangan, yang meliputi: (a) eksplorasi, (b) pengembangan draft/prototype, (c) uji coba produk dan revisi, dan (d) validasi akhir. Subjek ujicoba terbatas adalah empat siswa kelas IV SD Percobaan 03, Pakem, Sleman Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 10 siswa kelas IV SD Percobaan 03, Pakem, Sleman Yogyakarta. Subjek uji coba produk operasional pada kelas eksperimen sebanyak 25 siswa kelas IV A dan 27 siswa kelas IV B SD Gentan, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta dan pada kelas kontrol sebanyak 28 siswa kelas IV B SD Percobaan 03, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Subjek uji coba lapangan terdiri dari 10 siswa kelas IV SD Percobaan 03, Pakem, Sleman, Yogyakarta. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar penilaian produk bahan ajar, lembar observasi check list guru, lembar observasi check list peserta didik, angket trespon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penlitian adalah sebagai berikut (1) siswa membutuhkan media baca yang sesuai dengan karakteristik siswa kelas IV (2) hasil validasi majalah anak berbasis karakter rasa ingin tahu oleh ahli materi berkategori “Baik” dengan skor sebesar 158, penilaian ahli media berkategori “Sangat baik” dengan skor sebesar 88, produk akhir memenuhi kualifikasi kelayakan produk berdasarkan pada nilai respon guru sebesar 112 berkategori “Cukup baik”, dan nilai respon siswa sebesar 36 dengan berkategori “Baik”. Uji coba lapangan menunjukan respon guru sebesar 205 berkategori “Sangat baik” dan nilai respon siswa sebesar 95 yang menunjukan kategori “Sangat baik”. (3) Uji efektivitas produk berdasarkan hasil post test dan pree test dari minat baca dengan keimpulan t hitung sebesar 12,048 > t tabel sebesar 2,01, dan kemampuan berpikir krits dengan keimpulan t hitung sebesar 5,824 > t tabel sebesar 1,99. Hasil kemampuan uji t menunjukan majalah anak efektif digunakan dengan nilai signifiansi sebesar 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Majalah anak berbasis karakter rasa ingin tahu, minat baca, kemampuan berpikir kritis
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Nov 2016 07:09
Last Modified: 09 May 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44065

Actions (login required)

View Item View Item