UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERNYANYI SISWA KELAS VB MENGGUNAKAN MEDIA KEYBOAR DI SDN ANGGADITA I KARAWANG JAWA BARAT

Indriani, Desy Nur (2016) UPAYA PENINGKATAN KETERAMPILAN BERNYANYI SISWA KELAS VB MENGGUNAKAN MEDIA KEYBOAR DI SDN ANGGADITA I KARAWANG JAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Desy Nur Indriani. 12208241013.PDF
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan upaya peningkatan keterampilan bernyanyi siswa kelas VB menggunakan media keyboard di SDN Anggadita I. Media keyboard merupakan alat insrumen yang digunakan dalam proses pembelajaran musik yang berkaitan dengan kepekaan dan pendengaran dalam proses pembelajaran bernyanyi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VB di SDN Anggadita I yang berjumlah 48 siswa. Penelitian ini berkolaborasi dengan guru bidang studi Seni Budaya dan Keterampilan yaitu Ita Rosita. S.Pd. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa penilaian tes, lembar observasi dan catatan lapangan. Pedoman penilaian telah divalidasi oleh expert. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya: validitas hasil, validitas proses, validitas demokratis, validitas dialog. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan presentase skor. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan media keyboard dalam proses pembelajaran bernyanyi siswa kelas VB di SDN Anggadita I dapat meningkatan keterampilan siswa dalam bernyanyi. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan peningatan tiap siklusnya. Nilai rata-rata pada tahap prasiklus adalah 66,64 dengan presentase keberhasilan 25%. Nilai rata-rata siklus I meningkat menjadi 72,29 dengan nilai presentase keberhasilan mencapai 75%. Nilai rata-rata siklus II menjadi 80,03 dengan nilai presentase mencapai 95,83%.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 30 Nov 2016 02:05
Last Modified: 30 Jan 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44051

Actions (login required)

View Item View Item