PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PRODUKSI MUSIK DIGITAL DI JOGJA AUDIO SCHOOL

Rizaldi, Vandy (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN PRODUKSI MUSIK DIGITAL DI JOGJA AUDIO SCHOOL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
Vandy Rizaldi 09208244023.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan produk berupa multimedia untuk pembelajaran di Jogja Audio School; (2) mengetahui kelayakan produk multimedia yangdihasilkan sehingga dapat digunakan dalam pembelajaran di Jogja Audio School. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (research and development atau R&D) yang mencakup delapan tahap prosedur pengembangan yaitu (1) studi pendahuluan; (2) perencanaan; (3) pengembangan desain awal produk; (4) validasi para ahli; (5) uji coba terbatas; (6) revisi uji coba; (7) uji coba secara lebih luas, dan (8) produk akhir. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media.Lima siswa Jogja Audio School dihadirkan sebagai responden uji coba terbatas, sedangkan lima belas siswa Jogja Audio School dihadirkan sebagai responden uji coba secara lebih luas. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) produk yang dihasilkan dalam pengembangan ini berupa multimedia pembelajaran produksi musik digital dalam bentuk aplikasiflash dengan tipe data.exe. Multimedia tersebut bersifat interaktif yang memungkinkanpengguna mengakses halaman berisi materi baik secara runtut ataupun secara bebas. Materi dalam multimedia merupakan gabungan teks, gambar, klip suara, dan/atau video yang secara koheren disarikan dari silabus pembelajaran Jogja Audio School; (2) kelayakan produk multimedia produksi musik digitalyang dihasilkandibuktikan melalui tahap validasi para ahli dan uji coba dengan beberapa responden yang dihadirkan. Angka persentase validasi ahli materi adalah 89,6%, ahli media 97,5%, sedangkan kelayakan hasil uji coba secara lebih luas adalah 84.3%. Semua angka tersebut masuk dalam kategori layak. Kemudian dalam angket uji coba tersebut, terdapat pernyataan dari para ahli dan responden yang menyatakan bahwa multimedia tersebut memiliki kebermanfaatan untuk pembelajaran produksi musik digital.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 30 Nov 2016 01:51
Last Modified: 30 Jan 2019 11:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44050

Actions (login required)

View Item View Item