Siregar, Erwin Setiawan (2016) NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN DRUMBAND DI TK TUNAS GADING DEPOK SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
Text
Skripsi Erwin Full.pdf Restricted to Registered users only until 2026. Download (19MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan nilai-nilai pendidikan karaker yang terdapat dalam pembelajaran drumband di TK Tunas Gading Depok Sleman. Peneliti tertarik untuk mengetahui karena melalui pembelajaran drumband dapat memaksimalkan penanaman nilai pendidikan karakter pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengananalisis data deskriptif. Obyek penelitian adalah pembelajaran drumband di TK Tunas Gading Depok, Sleman. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Instrumen penelitian adalah peneliti itu sendiri. Teknik analisis data menggunakan: a) reduksi data, b) display data, c) pengambilan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran drumband di TK Tunas Gading merupakan salah satu program pembelajaran yang berfungsi untuk mengimplementasikan program pemerintah yaitu pendidikan karakter. Sebagai program yang berfungsi untuk memaksimalkan pendidikan karakter, pembelajaran drumband dapat mengembangkan nilai-nilai pendidikan karakter sesuai dengan rumusan pengembangan nilai-nilai pendidikan karakter oleh pemerintah. Nilai-nilai pendidikan karakter tersebut antara lain a) religius, b) jujur, c) toleransi, d) disiplin, e) kerja keras, f) mandiri, g) rasa ingin tahu, h) bersahabat/komunikatif, i) tanggung jawab.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Seni dan Budaya > Seni Musik |
Divisions: | Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik |
Depositing User: | Admin Pendidikan Seni Musik FBS |
Date Deposited: | 30 Nov 2016 01:38 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 11:58 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44048 |
Actions (login required)
View Item |