Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Kretek

Ndhadhari, Sri (2010) Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Kretek. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-sri-ndhadhari-01735162.swf

Download (896kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap tentang manajemen pembelajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 1 Kretek Bantul ditinjau dari fungsi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Sumber data penelitian adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru-guru bahasa Inggris, petugas perpustakaan, orangtua siswa, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara mendalam, pengamatan, dan studi dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif Miles dan Hubermen yang dilakukan melalui empat kegiatan utama, yakni: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Tingkat kepercayaan atau keabsahan terhadap data-data yang diperoleh dilakukan dengan cara memperpanjang masa pengamatan, trianggulasi, member check, dan diskusi dengan teman sejawat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran Bahasa Inggris belum memenuhi salah satu prinsip perencanaan yang baik, yakni kebijakan dan kebutuhan apa dan siapa, karena belum mempertimbangkan kemampuan awal siswa; (2) Pengorganisasian oleh kepala sekolah telah dilaksanakan dengan baik, namun pengorganisasian yang terkait dengan pengelolaan laboratorium bahasa masih kurang yaitu dengan tidak adanya laboran. Pengorganisasian oleh guru tergolong pada kategori baik, namun guru belum melaksanakan kegiatan pembelajaran yang bervariasi dan pembentukan kelompok; (3) Penggerakan oleh kepala sekolah belum memenuhi penggerakan yang baik. Reward yang diberikan baru dalam bentuk pujian lesan, dan kegiatan MGMP sekolah tidak berjalan dengan baik karena tidak terjadwal. Penggerakan oleh guru termasuk kategori baik, tetapi guru belum memanfaatkan media pembelajaran secara optimal; (4) Pengawasan yang dilakukan oleh kepala sekolah belum sepenuhnya dilaksanakan secara baik karena frekuensi supervisi administrasi dan supervisi kelas yang dilakukan masih kurang, yaitu hanya dilaksanakan setiap enam bulan, dan supervisi kelas tidak merata kepada semua guru. Pengawasan oleh guru termasuk kategori baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: manajemen pembelajaran, bahasa Inggris
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 29 Nov 2016 01:56
Last Modified: 29 Jan 2019 08:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/44015

Actions (login required)

View Item View Item