Pengembangan Perangkat Subject Specific Pedagogy untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran IPA SMP

INDRIANI, LUTFI (2010) Pengembangan Perangkat Subject Specific Pedagogy untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran IPA SMP. S1 thesis, UNY.

[img] Text
Pengembangan_Perangkat_Subject_Specific_Pedagogy_untuk_Meningkatkan_Keefektifan_Pembelajaran_IPA_SMP.doc

Download (33kB)

Abstract

Pengembangan Perangkat Subject Specific Pedagogy untuk Meningkatkan Keefektifan Pembelajaran IPA SMP LUTFI INDRIANI 05302241044 Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan perangkat Subject Specific Pedagogy (SSP) pada materi usaha dan energi untuk meningkatkan keefektifan pembelajaran IPA di SMP dengan pendekatan pembelajaran berbasis masalah atau Problems Based Intruction (PBI). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R & D) dengan menggunakan model 4-D (Four D-Model), yaitu tahap pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan pendiseminasian (disseminate). Pembelajaran yang dilakukan dengan pendekatan Problem Based Intruction. Perangkat SSP diuji coba dan diterapkan pada kelas VIII B SMP Muhammadiyah 10 Yogyakarta yang berjumlah 33 siswa. Teknik yang digunakan adalah teknk deskriptif dengan rat-rata prosentase. Perangkat SSP hasil pengembangan dikatakan berhasil jika keefektifan pembelajarna fisika siswa pada materi usaha dan energi meningkat pada pemberlakuan instrument tes berupa pre-postest design yang dianalisis dengan uji Paired-Samples T Test pada satu sisi. Berdasarkan data yang diperoleh dapat diungkapkan bahwa penerapan perangkat SSP yang dikembangkan pada materi usaha dan energi dapat meningkatkan efektifitas pembelajaran fisika siswa dan mendapatkan respon yang baik dari siswa. Pada uji coba ke I didapatkan rerata nilai pretes 5,69 poin nilai dan rerata nilai postes 8,89 poin nilai, uji coba ke-2 didapatkan rerata nilai pretes 3,30 poin nilai dan rerata postes 5,09 poin nilai dan uji coba ke-3 didapat rerata nilai pretes 4,36 poin nilai dan rerata postes 5,57 poin nilai. Kata kunci : Perangkat Subject Specific Pedagogy, Problems Based Intruction, keefektifan pembelajaran IPA, Tahun 2010

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Depositing User: Eprints
Date Deposited: 21 Jun 2012 02:00
Last Modified: 29 Jan 2019 13:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/440

Actions (login required)

View Item View Item