PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMA N 1 KRETEK TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN BOLAVOLI

Eka Pebriani (2012) PEMAHAMAN SISWA KELAS X SMA N 1 KRETEK TERHADAP KETERAMPILAN BERMAIN BOLAVOLI. S1 thesis, FIK.

[img] Text
ABSTRAK 2.doc

Download (33kB)
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman siswa kelas X SMA N 1 Kretek terhadap keterampilan bermain bolavoli. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif menggunakan metode survei dengan teknik pengumpulan datanya berupa angket. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Kretek dengan jumlah 90 siswa. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, sehingga semua anggota populasi dijadikan subyek penelitian. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa : pemahaman siswa kelas X SMA N 1 Kretek terhadap keterampilan bermain bolavoli tergolong dalam kategori sangat tinggi, dengan tingkat pencapaian sebesar 71,1%, 27,8% dalam kategori tinggi dan 1,1% sedang, pada kategori rendah dan sangat rendah sebesar 0%. Berdasarkan faktor-faktornya, dapat disimpulkan sebagai berikut : (1) pemahaman konsep dan prinsip bermain bolavoli berada pada kategori sangat tinggi, dengan tingkat pencapaian sebesar 77,8%; (2) pemahaman keterampilan dasar bermain bolavoli berada pada kategori sangat tinggi, dengan tingkat pencapaian 65,6 %; (3) pemahaman keterampilan teknik bermain bolavoli berada pada kategori sangat tinggi, dengan tingkat pencapaian sebesar 48,9%; dan (4) pemahaman keterampilan taktik dan strategi bermain bolavoli berada pada kategori sangat tinggi, dengan tingkat pencapaian sebesar 61,1%. Kata kunci : pemahaman, keterampilan bermain bolavoli.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:32
Last Modified: 29 Jan 2019 15:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4391

Actions (login required)

View Item View Item