Farida Harahap, M.Si. (2007) EFEKTIVITAS BIBEK (BIMBINGAN BELAJAR KELOMPOK) TERHADAP PERCEPATAN SKRIPSI PADA MAHASISWA PSIKOLOGI PENDIDIKAN DAN BIMBINGAN PRODI BIMBINGAN KONSELING FIP UNY. [Experiment/Research]
|
Text
Farida_Harahap.pdf Download (9kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan lamanya studi mahasiswa di jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan, yaitu di atas 5 tahun. Salahsatu penyebabnya adalah lamanya proses penyelesaian skripsi. Bimbingan kelompok dapat menjadi alternatif solusi lamanya proses penyelesaian skripsi karena mahasiswa dapat membuat komunitas belajar bersama, saling memonitor, saling mengevaluasi, saling berbagi, serta saling mendukung untuk me¬nye¬lesaikan skripsi yang sedang disusun. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (action research) yang dilakukan secara cyclic berdasarkan konsep Kemmis dan Taggart yang meliputi tahap perencanaan, penerapan, monitoring dan evaluasi, serta refleksi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan belajar kelom¬pok (bibek) untuk mempercepat penyelesaian skripsi mahasiswa. Efek¬tivitas dilihat dari peningkatan pemahaman mahasiswa terhadap skripsi, peningkatan minat dan motivasi mahasiswa untuk mengerjakan skripsi, serta peningkatan intensitas perilaku maha¬sis¬wa untuk menyelesaikan skripsinya.. Adapun subjek penelitian adalah 35 orang mahasiswa Jurusan Psikologi Pendidikan Prodi Bimbingan Konseling yang sedang menyusun skripsi. Teknik pe¬ngumpulan data melalui observasi, angket, dan wawancara terha¬dap mahasiswa peserta bimbingan belajar kelompok. Data yang terkumpul di analisis dengan analisis reflektif dan evaluatif dan selajutnya diolah secara deskriptif analitis. Hasil penelitian setelah melalui 3 kali siklus menunjukkan bahwa tindakan yang dilakukan berupa bimbingan belajar kelompok dapat mempercepat penyelesaian skripsi mahasiswa.. Saran dari penelitian ini hendaknya hasil penelitian ini dapat diterapkan di lingkungan jurusan, fakultas, maupn universitas mengingat efektivitasnya cukup tinggi. Untuk penerapan lebih lanjut hendaknya kemandirian maupun kohesivitas kelompok dapat terbangun sehingga percepatan skripsi anggota kelompok belajar dapat tercapai secara optimal. Kata kunci: bimbingan belajar kelompok, percepatan penyelesaian skripsi, mahasiswa PPB Prodi BK FIP, 2007 (PPB)
Item Type: | Experiment/Research |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan LPPM |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling |
Date Deposited: | 21 Jun 2012 02:02 |
Last Modified: | 02 Oct 2019 02:15 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/439 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |