Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPS Kelas IV SDN Gunung Raja Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan.

Ramadhani, M. Ihsan (2016) Efektivitas Model Pembelajaran Quantum Teaching terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep IPS Kelas IV SDN Gunung Raja Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-m-ihsan-ramadhani-14712251027.swf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan efektivitas model pembelajaran quantum teaching dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPS peserta didik. Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui : (1) untuk menentukan model pembelajaran yang lebih efektif antara model pembelajaran quantum teaching dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan (2) untuk menentukan model pembelajaran yang lebih efektif antara model pembelajaran quantum teaching dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep IPS peserta didik. Penelitian ini menggunakan eksperimen semu (quasi-eksperimental research) dengan menggunakan desain nonequivalent pretest and posttest control group design. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Gunung Raja dan SDN Pulau Sari 1 semester II tahun ajaran 2014/2015. Pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol berdasarkan karakteristik yang hampir sama dengan cara random. Hasil random terpilih SDN Gunung Raja sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran quantum teaching dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran ekspositori di SDN Pulau Sari 1. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari dua jenis yakni pretest dan posttest tentang kemampuan berpikir kritis dan pemahaman konsep IPS. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test dan paired sample t-test SPSS 23 for Windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) model pembelajaran quantum teaching lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik, dan 2) model pembelajaran quantum teaching lebih efektif dibandingkan model pembelajaran ekspositori terhadap pemahaman konsep IPS peserta didik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Quantum Teaching, Kemampuan Berpikir Kritis, Pemahaman Konsep IPS
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Nov 2016 04:49
Last Modified: 09 May 2019 07:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43892

Actions (login required)

View Item View Item