UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI MUSIK PADA KELAS IV SD NEGERI BIBISLUHUR 1 SURAKARTA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM

Wijayanti, Dinasti (2016) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SENI MUSIK PADA KELAS IV SD NEGERI BIBISLUHUR 1 SURAKARTA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI OK.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan nilai hasil belajar seni musik siswa kelas IV SD Negeri Bibisluhur Surakarta dengan menggunakan model pembelajaran Quantum. Penerapan model pembelajaran Quantum diharapkan dapat meningkatkan nilai hasil belajar belajar siswa-siswi. Penelitian ini merupakan penelitian PTK dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri Bibisluhur 1 Surakarta dengan jumlah murid 36 siswa. Penelitian ini berlangsung dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi, tes dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, tes dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan berupa deskriptif kualitatif yang dikaitkan dengan data kuantitatif. Validitas penelitian yang digunakan adalah validitas demokratik, validitas hasil, validitas proses, validitas katalistik, validitas dialog. Proses pembelajaran dilaksanakan menggunakan model pembelajaran quantum dengan modalitas VAK (Visual, Audio, Kinestik) serta kerangka quantum TANDUR (Tanami, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, Rayakan). Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar pada setiap siklus. Pada pra siklus, siswa yang tuntas 33% dengan nilai rata-rata kelas 63,19 sehinggga perlu dilaksanakan tindakan siklus I. Pada pelaksanaan siklus I, siswa yang memperoleh nilai diatas KKM mengalami peningkatan 50% dengan nilai rata-rata kelas 67,9. Namun pembelajaran siklus I belum sepenuhnya mencapai keberhasilan,perlu dilaksanakan siklus II. Pada siklus II, jumlah siswa yang tuntas mengalami peningkatan menjadi 100% dengan rata-rata kelas 86,2. Hasil yang diperoleh pada siklus II telah mencapai kriteria keberhasilan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 23 Nov 2016 01:53
Last Modified: 30 Jan 2019 11:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43879

Actions (login required)

View Item View Item