STRATEGI PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SLB-G DAYA ANANDA SLEMAN

Kurniayu, Florentine Wina (2016) STRATEGI PEMBELAJARAN SENI MUSIK DI SLB-G DAYA ANANDA SLEMAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI OK.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru seni musik pada kegiatan pembelajaran band di SLB-G Daya Ananda.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Fokus penelitian ini pada strategi pembelajaran seni musik yang diterapkan di SLB-G Daya Ananda. Subjek penelitian ini adalah guru seni musik dan siswa yang mengikuti pembelajaran band di SLB-G Daya Ananda.Instrumen penelitian ini adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini mengggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru seni musik di SLB-G Daya Ananda adalah: 1) Strategi penggunaan prinsip individualisasi,dengan cara memberikan bahan pelajaran pada tiap siswa yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing siswa, 2) Strategi Kognitif,pola pikir setiap siswa bergantung pada kemampuan masing-masing siswadalam mempelajari ilmu yang diberikan guru,3) Strategi Motivasi. Guru melakukan pendekatan secara personal dan kelompok, karena setiap siswa memiliki karakteristik dan keterbatasan fisik yang berbeda,4) Strategi Evaluasi pembelajaran.Guru mengevaluasi pembelajaran setiap akhir pelajaran dengan cara meminta siswa memainkan lagu yang baru saja dipelajari.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 18 Nov 2016 03:05
Last Modified: 30 Jan 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43764

Actions (login required)

View Item View Item