UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS VII C SMP NEGERI 1 PIYUNGAN

Timur, Wahyu Surya (2016) UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN ANSAMBEL MUSIK MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL DI KELAS VII C SMP NEGERI 1 PIYUNGAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pembelajaran ansambel musik di kelas VII C SMP Negeri 1 Piyungan dengan media pembelajaran Audio Visual. Permasalahan pada penelitian ini adalah rendahnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran ansambel musik. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VII C di SMP Negeri 1 Piyungan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Kolabolator penelitian yaitu Ibu Sri Windaryati, S.Pd., selaku guru seni musik di SMP Negeri 1 Piyungan. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes praktik dan lembar observasi. Analisis data menggunakan analisis diskriptif kualitatif dan analisis diskriptif kuantitatif berupa persentase dan rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media audio visual dapat meningkatkan hasil belajar dalam pembelajaran ansambel musik di kelas VII C SMP Negeri 1 Piyungan. Hal tersebut ditandai dengan meningkatnya pencapaian rata-rata kemampuan permainan ansambel musik siswa yaitu 57,14% pada pra siklus, naik menjadi 71,43% pada siklus I dengan peningkatan sebesar 14,29%. Pada siklus II rata-rata kemampuan permainan ansambel musik siswa 92,86% naik sebesar 21,43% dari pencapaian pada siklus I. Hal tersebut sudah sesuai dengan target keberhasilan tindakan, maka dari itu penelitian diakhiri.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 18 Nov 2016 02:58
Last Modified: 30 Jan 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43762

Actions (login required)

View Item View Item