PEMBELAJARAN BIOLA DI TK KRISTEN KALAM KUDUS SURAKARTA

Wijaya, Veri (2016) PEMBELAJARAN BIOLA DI TK KRISTEN KALAM KUDUS SURAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 2026.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran biola di TK Kristen Kalam Kudus Surakarta. Penelitian ini dilakukan karena adanya fenomena anak- anak balita yang dapat memainkan alat musik biola. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada pembelajaran biola di TK Kristen Kalam Kudus Surakarta. Instumen utama dalam penelitian adalah peneliti. Narasumber penelitian terdiri dari 6 siswa dan guru ekstrakulikuler biola di TK Kristen Kalam Kudus Data diperoleh melalui observasi langsung, wawancara, serta studi dokumentasi. Data dianalisis dengan teknik 1) reduksi data, 2) sajian data, dan 3) penarikan simpulan. Data diuji keabsahannya dengan 1) triangulasi teknik, 2)triangulasi waktu, dan 3) triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini antara lain : 1) Tujuan pembelajaran adalah untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan, sikap siswa, 2) Metode pembelajaran yang dipakai adalah metode ceramah, metode demonstrasi, metode latihan drilling, metode tanya jawab, dan metode pemberian tugas, 3) Materi pembelajaran adalah lagu dan teknik bermain biola , 4) Media utama yang dipakai dalam pembelajaran adalah partitur dalam buku Suzuki I, Laptop, LCD, Speaker, papan tulis dan alat tulis, stand musik 5) Alokasi waktu pembelajaran biola selama 60 menit dalam satu minggu, 6) Evaluasi pembelajaran selalu dilakukan disetiap akhir materi lagu, dengan penambahan evaluasi di akhir semester dengan pementasan.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Musik
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Seni Musik
Depositing User: Admin Pendidikan Seni Musik FBS
Date Deposited: 18 Nov 2016 02:11
Last Modified: 30 Jan 2019 11:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43755

Actions (login required)

View Item View Item