Edutainment For Children; Pengenalan Sains Bagi Anak Usia Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Pengganti Kegiatan Menonton TV Di Sore Hari

R. Yosi, Aprian Sari and Siti, Marwati and Pujianto, - (2010) Edutainment For Children; Pengenalan Sains Bagi Anak Usia Sekolah Dasar Sebagai Alternatif Pengganti Kegiatan Menonton TV Di Sore Hari. Artikel PPM Prioritas Fakultas.

[img] Text
R. Yosi Aprian Sari.docx

Download (14kB)

Abstract

Selama ini sains dianggap sebagai sesuatu yang menyeramkan dan terlalu jauh dari dunia anak-anak. Untuk lebih mengakrabkan anak-anak dengan sains dapat dilakukan dengan pendekatan belajar sambil bermain, yaitu dengan memanfaatkan karakter anak dan perkembangan positif anak-anak usia sekolah dasar. Aktivitas kegiatan ini biasa dikenal sebagai edutainment. Kegiatan ini selain untuk mengakrabkan anak-anak terhadap sains, juga sebagai alternatif kegiatan anak-anak di sore hari. Metode kegiatan pelaksanaan edutainment ini adalah ceramah, demontrasi, dan praktek langsung. Ceramah berisikan penjelasan teoretis yang terkait dengan pelajaran atau fenomena di sekitar. Demontrasi dilakukan untuk memperlihatkan bahwa percobaan sains tidaklah sulit, bahan dan peralatan yang mudah diperoleh, dan dapat dilakukan oleh anak-anak. Percobaan langsung ditujukan pada anak-anak dan guru-guru, yaitu dari merancang, membuat sampai melakukan percobaan langsung. Dari evaluasi yang dilakukan, lebih dari 75% anak-anak memiliki keinginan yang kuat melakukan hal-hal yang baru maupun. Karakter bermain pada anak-anak tidak dapat dihindari, sehingga hasil percobaan yang dilakukan tidak sesuai dengan harapan. Keinginan untuk mengulang atau memodifikasi percobaan perlu diapresiasi, karena sifat ini menunjukkan sifat pantang menyerah. Bagi guru-guru, merancang, memodifikasi sampai melakukan percobaan langsung merupakan pengalaman yang berharga. Ini terlihat dari evaluasi, bahwa penggunaan media pembelajaran kurang dari 50%. Percobaan-percobaan yang dilakukan adalah percobaan sederhana. Dikatakan percobaan sederhana karena semua peralatan dan bahan dapat diperoleh dengan mudah, pembuatannya sangat sederhana, tetapi berkaitan langsung dengan pelajaran di sekolah.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Prioritas Fakultas 2010
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:18
Last Modified: 17 Nov 2016 02:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43724

Actions (login required)

View Item View Item