KEGIATAN IDENTIFIKASI DAN SOSIALISASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS YANG DIDUGA BERADA DI SEKOLAH UMUM

N, Praptiningrum (2010) KEGIATAN IDENTIFIKASI DAN SOSIALISASI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS YANG DIDUGA BERADA DI SEKOLAH UMUM. Artikel PPM Prioritas Fakultas.

[img] Text
N. Praptiningrum.docx

Download (12kB)

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk kegiatan identifikasi dan sosialisasi anak berkebutuhan khusus yang diduga berada di sekolah umum. Identifikasi anak berkebutuhan khusus bertujuan mengidentifikasi anak-anak yang ciri-cirinya mengarah pada anak berkebutuhan khusus dan tujuan sosialisasi adalah meningkatkan pengetahuan guru, orangtua, dan masyarakat mengenai anak berkebutuhan khusus, memberi keterampilan sederhana mengenai identifikasi atau deteksi dini anak berkebutuhan khusus, dan pendidikan dan layanan yang sesuai bagi mereka. Metode yang digunakan dalam identifikasi adalah tes kepada siswa yang diduga berkebutuhan khusus dengan menggunakan instrumen tes intelegensi SPM dan CPM. Metode sosialisasi dengan ceramah dan diskusi mengenai karakteristik anak berkebutuhan khusus, deteksi dini, dan layanan dan pendidikannya. Kegiatan PPM ini dapat dikatakan berhasil mencapai tujuan. Identifikasi anak berkebutuhan khusus menemukan 24 anak mengalami kebutuhan khusus lamban belajar, dan 11 orang anak mengalami tunagrahita, 2 di antara mereka mengalami double handicap tunarungu-wicara dari 48 anak. Sedangkan tahap sosialisasi berjalan sesuai perencanaan dan dapat dikatakan mencapai sasaran dengan hadirnya setiap komponen sasaran program (kepala sekolah, guru kelas, orangtua siswa, dan masyarakat yang diwakili dari pihak UPT Pendidikan Kecamatan Dlingo). Sosialisasi berlangsung efektif dan kontekstual karena didahului dengan hasil identifikasi anak berkebutuhan khusus. Di masa mendatang diharapkan ada pelatihan bagi guru kelas mengenai metode pembelajaran bagi anak yang berada pada level rata-rata bawah dan anak lamban belajar. Diharapkan juga keberlangsungan kerjasama antara UPT Pendidikan Kecamatan Dlingo dengan PLB FIP UNY dalam upaya mewujudkan pendidikan bagi semua.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Prioritas Fakultas 2010
Uncontrolled Keywords: identifikasi anak berkebutuhan khusus, sosialisasi anak berkebutuhan khusus, anak berkebutuhan khusus
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 17 Nov 2016 01:40
Last Modified: 17 Nov 2016 01:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43721

Actions (login required)

View Item View Item