LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 3 DEPOK

ERISKIWATI, ERISKIWATI (2014) LAPORAN INDIVIDU PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN SMP NEGERI 3 DEPOK. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
ERISKIWATI B.JAWA (11205241026).pdf

Download (10MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan mata kuliah wajib yang ditempuh mahasiswa jurusan kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Program ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk mempraktikkan beragam teori yang mereka terima di bangku kuliah. Praktik Pengalaman Lapangan ini bertujuan untuk mendapatkan pengalaman tentang proses pembelajaran dan kegiatan persekolahan lainnya yang digunakan sebagai bekal untuk menjadi tenaga pendidik yang memiliki nilai, sikap, pengetahuan, dan ketrampilan yang dibutuhkan. Kegiatan PPL merupakan pelaksanaan kegiatan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang dimiliki oleh Mahasiswa yaitu dalam bidang pendidikan. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Universitas Negeri Yogyakarta tahun 2014 yang berlokasi di SMP N 3 Depok, mulai dilaksanakan pada tanggal 2 Juli 2014 sampai tanggal 17 September 2014. Sebelum menyusun dan merencanakan program PPL ini, dilakukan observasi yang berupa observasi fisik dan non fisik serta observasi pembelajaran kelas. Dalam hal ini Praktik Pengalaman Lapangan melakukan kegiatan mengajar baik yang bersifat terbimbing maupun yang bersifat mandiri. Dalam kegiatan PPL ini Mahasiswa menjalankan program mengajar minimal 8 kali pertemuan. Program mengajar menggunakan diskusi (Cooperative learning),dan demonstrasi. Untuk mendukung metode yang digunakan pada saat mengajar dibutuhkan media pendukung meliputi alat pembelajaran dan LKS. Praktikan telah menyeselesaikan tugas mengajar sebanyak 4 kelas yaitu di kelas VII A, VII C, dan VIII A, VIII C, untuk mata pelajaran Bahasa Jawa. Praktikan telah dapat mengajar sebanyak 15 kali dan mengadakan ulangan harian sebanyak satu kali untuk mata pelajaran Bahasa Jawa. Kegiatan belajar yang dilakukan adalah pembelajaran di kelas. Banyak kendala dan hambatan dalam melakukan PPL baik yang berasal dari intern maupun vi ekstern. Adapun beberapa hambatan pada waktu mengajar antara lain pengelolaan kelas karena peserta didik sulit tidak bisa berbahasa jawa untuk beberapa anak, sehingga harus diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia. Namun, semua itu merupakan sebuah proses menuju yang lebih baik. Dengan adanya kegiatan PPL ini, praktikan mendapat bekal pangalaman dan gambaran nyata tentang kegiatan dalam dunia pendidikan khususnya di sekolah.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 16 Nov 2016 02:46
Last Modified: 01 Oct 2019 11:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43680

Actions (login required)

View Item View Item