PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH DENGAN PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA

Supraptini (2012) PENINGKATAN PEMBELAJARAN GERAK DASAR LOMPAT JAUH DENGAN PENDEKATAN BERMAIN SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI MOYUDAN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, FIK.

[img] Text
ABSTRAK 111.doc

Download (51kB)
Official URL: http://www.pjkr_uny.com

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode dengan pendekatan bermain dapat meningkatkan pembelajaran gerak dasar lompat jauh siswa kelas IV SD Negeri Moyudan Kelurahan Sumberrahayu Kecamatan Moyudan Kabupaten Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 2 kali tatap muka dan setiap tatap muka dengan alokasi waktu 105 menit. Populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas IV yang berjumlah 22 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan naratif. Proses pembelajaran gerak dasar lompat jauh dengan pendekatan bermain, berdasarkan nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (75) dan ketuntasan klasikal sebesar (75%) dari total siswa dalam kelas di SD Negeri Moyudan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Atletik lompat jauh melalui pendekatan bermain dapat meningkatkan keterampilan gerak dasar lompat jauh siswa kelas IV SD Negeri Moyudan. Hal ini dibuktikan dengan hasil tes yang telah dicapai siswa pada tes awal, tes siklus satu, dan tes siklus dua, sangat jelas sekali kemajuan yang dicapai. Hasil tes awal (27 Maret 2012), diperoleh hasil nilai rata-rata kelas 66,60 dengan persentase ketuntasan klasikal 22,73%, jelas sekali belum mencapai tingkat Kriteria Ketuntasan Minimal dan ketuntasan klasikal proses pembelajaran. Pada penilaian tes siklus satu (03 April 2012), perolehan skor rata-rata kelas yaitu 70,22 dengan persentase ketuntasan klasikal 45,46%, terjadi peningkatan dibandingkan hasil dari tes awal tetapi belum mencapai tingkat Kriteria Ketuntasan Minimal dan ketuntasan klasikal proses pembelajaran. Pada penilaian tes siklus dua (17 April 2012), perolehan skor rata-rata kelas yaitu 76,60 dengan persentase ketuntasan klasikal 77,27%, terjadi peningkatan yang signifikan dibandingkan hasil dari tes awal dan tes siklus satu. Hasil tes siklus dua telah mencapai tingkat Kriteria Ketuntasan Minimal (75) dan ketuntasan klasikal sebesar 75% dari total siswa dalam kelas. Dengan demikian tindakan proses pembelajaran keterampilan gerak dasar lompat jauh dengan pendekatan bermain yang diberikan pada siswa kelas IV SD Negeri Moyudan, dapat dikatakan berhasil. Kata Kunci : Peningkatan Gerak Dasar Lompat Jauh, Dengan Pendekatan Bermain, siswa SD Kelas IV.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Olahraga
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Admin PKR FIK
Date Deposited: 20 Mar 2015 03:32
Last Modified: 29 Jan 2019 15:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/4342

Actions (login required)

View Item View Item