OPTIMALISASI POTENSI PETERNAK SUSU SAPI PERAH MELALUI PENYULUHAN DAN PELATIHAN PEMBUATAN KEJU DAN YOGHURT ANEKA RASA GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT

Astuti, Dr. Ir., M.P and EKOSARI SULISTYANINGSIH, RETNO (2010) OPTIMALISASI POTENSI PETERNAK SUSU SAPI PERAH MELALUI PENYULUHAN DAN PELATIHAN PEMBUATAN KEJU DAN YOGHURT ANEKA RASA GUNA MENINGKATKAN PENDAPATAN MASYARAKAT. Artikel PPM Prioritas Fakultas.

[img] Text
Astuti.docx

Download (13kB)

Abstract

Program pengabdian masyarakat di Dusun Ngepring, Purwobinangun, Pakem, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta ini bertujuan dapat membuat yoghurt dan keju menggunakan bakteri asam laktat, dapat membuat starter bakteri asam laktat untuk yoghurt dan keju, dapat terus membuat yoghurt dan keju untuk penjualan sebagai inovasi produk susu setelah adanya program PPM. Tahapan kegiatan pelatihan yang dilakukan yaitu pertama melalui penyuluhan pembuatan produk susu menjadi yoghurt dan keju; kedua memberikan pelatihan membuat keju dan yoghurt dengan metode yang digunakan adalah: metode demonstrasi, dan tanya jawab; dan yang ketiga melakukan evaluasi dari kondisi warga pasca pelatihan dan meningkatnya ketrampilan peserta. Hasil kegiatan pelatihan dinilai cukup berhasil karena warga bisa mengolah produk olahan susu menjadi produk olahan home industri. Para peserta memberikan respon positif dan antusiasme, hal ini ditunjukkan oleh kehadiran mereka selama pelaksanaan berlangsung dan diikuti 48 peserta dari warga.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Prioritas Fakultas 2010
Uncontrolled Keywords: Keju, Yoghurt, Bakteri Asam Laktat
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 08 Nov 2016 01:54
Last Modified: 08 Nov 2016 01:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43379

Actions (login required)

View Item View Item