Penerapan Teknologi Pemanfaatan Kulit Salak pada Produk Keramik Guna Peningkatan Usaha Kerajinan Keramik di Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul

Zulfi Hendri, M.Sn. and Retno Arianingrum, M.Si. and B Muria, Zuhdi (2010) Penerapan Teknologi Pemanfaatan Kulit Salak pada Produk Keramik Guna Peningkatan Usaha Kerajinan Keramik di Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul. Artikel PPM Unggulan.

[img] Text
Zulfi Hendri.docx

Download (12kB)

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk menerapkan teknologi pemanfaatan limbah kulit salak pada produk keramik, dan memperkenalkan beberapa desain keramik yang menarik dengan menggunakan limbah kulit salak guna meningkatkan usaha kerajinan keramik di Desa Canden, Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul. Kegiatan pengabdian yang dilakukan meliputi kegiatan pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pelatihan dilaksanakan dengan metode ceramah dan demonstrasi, dan dilaksanakan selama 2 (dua) hari diikuti oleh 23 orang peserta yang terdiri dari Kelompok UMKM kerajinan keramik dan Perwakilan Karang Taruna yang ada di Desa Canden Kecamatan Jetis, Kabupaten Bantul. Berdasarkan hasil angket menunjukkan bahwa seluruh peserta (100%) merasa bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menambah wawasan tentang pengembangan desain keramik, cara pengawetan kulit salak, dan bagaimana memanfaatkan kulit salak untuk produk keramik, serta merasakan bahwa teknologi ini mudah dilakukan. Hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian yang sangat membanggakan adalah bahwa sebanyak 86,96% peserta termotivasi untuk mempraktekkan teknologi ini dan lebih lanjut ingin mengembangkan wirausaha dibidang ini. Secara keseluruhan tujuan kegiatan pengabdian untuk menerapkan teknologi pemanfaatan kulit salak pada produk keramik dan memperkenalkan desain keramik yang menarik dapat terlaksana dengan baik.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Unggulan 2010
Uncontrolled Keywords: Kulit salak, usaha kerajinan keramik, Jetis, dan Bantul
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 07 Nov 2016 06:56
Last Modified: 07 Nov 2016 06:56
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43322

Actions (login required)

View Item View Item