KINERJA GURU KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES

Seto Wicaksono, Seto (2016) KINERJA GURU KOMPETENSI KEAHLIAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DALAM MELAKSANAKAN TUGAS POKOK DAN FUNGSI DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WATES. S1 thesis, Jurusan Pendidikan Administrasi.

[img]
Preview
Text
2. skripsi seto.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kinerja guru administrasi perkantoran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi, 2) mengetahui kendala yang dihadapi guru AP dalam melaksanakan kinerja terkait dengan tugas pokok dan fungsi, 3) mengetahui upaya yang dilakukan guru AP untuk mengatasi kendala dalam melaksanakan kinerja terkait dengan tugas pokok dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling dan snowball sampling sehingga terdapat informan kunci dan informan pendukung. Informan kunci dalam penelitian ini yaitu guru AP yang berjumlah 7 orang, sedangkan informan pendukung yaitu Kepala Sekolah SMK Muhammadiyah 1 Wates, Wakil Kepala Sekolah Urusan Kurikulum, Wakil Kepala Sekolah Urusan Sarana Prasarana dan Ketenagaan serta siswa kelas X dan XI AP yang berjumlah 16 orang. Dalam pengambilan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis interaktif yang meliputi langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kinerja guru administrasi perkantoran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi terkait dengan disiplin waktu, kreativitas dalam mengajar, serta motivasi dalam mengajar masih tergolong rendah; (2) kendala guru administrasi perkantoran dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi yaitu: hampir seluruh guru administrasi perkantoran sulit untuk berdisiplin waktu, sebagian besar guru administrasi perkantoran masih malas untuk membuat media pembelajaran yang seharusnya digunakan dalam menyampaikan materi, dalam kegiatan pembelajaran, fasilitas yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran kurang mendukung terciptanya pembelajaran yang efektif; (3) upaya yang dilakukan guru administrasi perkantoran untuk mengatasi kendala dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsi yaitu guru akan mengusahakan tetap datang ke sekolah dan masuk ke kelas untuk mengajar, guru sudah menggunakan media internet dalam mengembangkan materi untuk mengajar. Kata Kunci: kinerja guru administrasi perkantoran, tugas pokok, fungsi

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Umum > Penelitian
Pendidikan > Pendidikan Menengah
Ilmu Sosial > Administrasi Perkantoran
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Pendidikan Administrasi
Depositing User: Administrasi Perkantoran
Date Deposited: 08 Nov 2016 01:27
Last Modified: 30 Jan 2019 11:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43315

Actions (login required)

View Item View Item