Keefektifan Model Cooperative Problem-Based Learning dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V SDN Liang Anggang 1 dan Pandahan 2 Kalimantan Selatan.

Amrullah, Khalis (2016) Keefektifan Model Cooperative Problem-Based Learning dalam Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas V SDN Liang Anggang 1 dan Pandahan 2 Kalimantan Selatan. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-khalis-amrullah-14712251042.swf

Download (69MB)

Abstract

Penelitian ini adalah quasi experiment dengan desain pretest-postest control group. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SDN Liang Anggang 1, Pandahan 1 dan Pandahan 2 Kecamatan Bati-Bati Kabupaten Tanah Laut Kalimantan Selatan pada semester II tahun ajaran 2015/2016. Penentuan kelompok eksperimen dan kontrol menggunakan undian. Kelompok eksperimen berjumlah dua kelas diberi perlakuan menggunakan model cooperative problem- based learning sedangkan kelompok kontrol berjumlah satu kelas menggunakan ekspositori. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan skala. Tes digunakan untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Skala digunakan untuk mengetahui kecerdasan interpersonal siswa sebelum dan sesudah perlakuan. Instrumen tes dan skala divalidasi dengan teknik expert judgement kemudian diujicobakan dan data uji coba dianalisis menggunakan Corelation Product Moment dan Alpha Cronbach dengan bantuan SPSS versi 21.0 untuk mengetahui validitas dan reliabilitasnya. Uji normalitas menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan uji homogenitas menggunakan Levene Test pada SPSS. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji-t dan Manova dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model cooperative problem-based learning dalam pembelajaran IPA efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan kecerdasan interpersonal siswa kelas V SDN Liang Anggang 1 dan Pandahan 2 Kalimantan Selatan. Berdasarkan hasil uji-t posttest kelompok eksperimen I dan kelompok kontrol menunjukkan nilai sig. < 0,05 yaitu kemampuan berpikir kritis 0,000 dan kecerdasan interpersonal 0,000. Hasil uji-t posttest kelompok eksperimen II dan kelompok kontrol menunjukkan nilai sig. < 0,05 yaitu kemampuan berpikir kritis 0,000 dan kecerdasan interpersonal 0,000. Selanjutnya hasil uji manova kelompok eksperimen I dan kelompok kontrol menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 dan kelompok eksperimen II dan kelompok kontrol mendapat nilai sig. 0,000 < 0,05.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: cooperative problem-based learning, kemampuan berpikir kritis, kecerdasan interpersonal
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 07 Nov 2016 03:47
Last Modified: 09 May 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43304

Actions (login required)

View Item View Item