Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sekolah Dasar Kristen (Studi pada Sekolah Dasar Kristen se Eks Karesidenan Semarang)

Sadjiarto, Arief (2010) Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sekolah Dasar Kristen (Studi pada Sekolah Dasar Kristen se Eks Karesidenan Semarang). S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-arief-sadjiarto-01735043.swf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kepuasan kerja guru, komitmen organisasi dan iklim kerja terhadap kinerja organisasi dan pengaruh faktor kepuasan kerja guru, komitmen organisasi dan iklim kerja terhadap kinerja organisasi di Sekolah Dasar Kristen se Eks Karesidenan Semarang. Jenis Penelitian yang dipilih adalah ‘ex-post facto’. Populasi penelitian adalah Guru SD Kristen se Eks Karesidenan Semarang yang berjumlah 173 orang pada 20 SD yang berasal dari lima Kota/Kabupaten. Sampel dipilih dengan menggunakan sampel kuota berdasarkan pada jumlah yang ditentukan. Pengumpulan data dilakukan dengan penyebaran angket dan dokumentasi. Instrumen dibuat dalam bentuk angket yang disebarkan kepada setiap sampel. Teknik analisis data dilakukan dengan Uji Asumsi Klasik, Deskriptif dan analisis Korelasi, Regresi dan Regresi Berganda. Hasil analisis menunjukkan (1) terdapat hubungan yang rendah antara kepuasan kerja dengan kinerja organisasi; (2) terdapat hubungan yang kuat antara komitmen organisasi dengan kinerja organisasi; (3) terdapat hubungan yang kuat antara iklim kerja dengan kinerja organisasi. Ketiga faktor berada pada taraf signifikansi p < 0,05; (4) terdapat pengaruh signifikan kepuasan kerja guru terhadap kinerja organisasi (66,2%); (5) terdapat pengaruh siginifikan komitmen organisasi terhadap kinerja organisasi (41,4%); (6) terdapat pengaruh signifikan iklim kerja terhadap kinerja organisasi (58,6%). Ketiga faktor berada pada taraf signifikansi p < 0,05; (7) terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara kepuasan kerja guru, komitmen organisasi dan iklim kerja terhadap kinerja organisasi dengan koefisien determinasi regresi berganda (R2) sebesar 0,586 dan nilai uji signifikansi p < 0,05. Artinya 58,6% dari ketiga variabel bebas tersebut secara bersama mempengaruhi kinerja Sekolah DasarKristen Se Eks Karesidenan Semarang.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kinerja, Sekolah Dasar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 07 Nov 2016 01:30
Last Modified: 29 Jan 2019 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43288

Actions (login required)

View Item View Item