Pendidikan dan Latihan (Dikl\at) Keterampilan Konseling dengan Modul Terstruktur untuk Meningkatkan Kinerja Guru Bimbingan Konseling di Yogyakarta

Rosita Endang, Kusmaryani and Rita, Eka Izzaty and Sugiyanto, - and Agus, Triyatno (2010) Pendidikan dan Latihan (Dikl\at) Keterampilan Konseling dengan Modul Terstruktur untuk Meningkatkan Kinerja Guru Bimbingan Konseling di Yogyakarta. Artikel PPM Unggulan.

[img] Text
Rosita Endang Kusmaryani.docx

Download (15kB)

Abstract

Program pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan berdasarkan dua alasan. Pertama, layanan konseling merupakan bagian yang integral di dalam proses pendidikan. Oleh karena itu, penguasaan berbagai keterampilan konseling sanga diperlukan. Kedua, berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa keterampilan konseling masih belum dapat dikuasai dengan baik oleh para Guru Bimbingan Konseling. Berbagai keterampilan konseling itu adalah mencakup keterampilan attending, mendengarkan, empati, bertanya, pemusatan, klarifikasi, membuka diri, memberi dukungan dan pengukuhan, memberi dorongan, pemecahan masalah, dan menutup percakapan. Adapun tujuan program PPM ini adalah meningkatkan pemahaman akan arti penting penguasaan keterampilan konseling bagi pendidik dan peserta didik dan meningkatkan penguasaan praktek keterampilan konseling bagi guru bimbingan. Sumber belajar yang digunakan adalah modul yang telah terstruktur. Sasaran program ini adalah 30 Guru Bimbingan Konseling yang bekerja di wilayah Yogyakarta. Metode kegiatan berupa pendidikan dan pelatihan yang dilaksanakan selama 25 jam dalam 3 hari berturut-turut Kesimpulan dari pelaksanaan program ini adalah adanya peningkatan pemahaman khalayak sasaran setelah mengikuti program PPM dengan menggunakan modul keterampilan konseling Setelah mempraktekkan berbagai keterampilan konseling, khalayak sasaran memiliki penguasaan keterampilan konseling yang baik. Modul keterampilan konseling terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman dan penguasaan praktek konseling. Selanjutnya saran dari hasil pelaksanaan program ini adalah bagi khalayak sasaran,hendaknya modul keterampilan konseling ini sering digunakan dan dipraktekkan,. Selain itu program PPM ini diharapkan diselenggarakan lagi dengan khalayak sasaran yang berbeda. Hal ini mengingat pentingnya penguasaan keterampilan konseling bagi semua guru BK.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Unggulan 2010
Uncontrolled Keywords: keterampilan konseling, guru bimbingan, modul
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 04 Nov 2016 04:27
Last Modified: 04 Nov 2016 04:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43228

Actions (login required)

View Item View Item