Kohesi dan Koherensi Komposisi Peserta Tes Simulasi IELTS.

Setiani, Septi (2016) Kohesi dan Koherensi Komposisi Peserta Tes Simulasi IELTS. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-septi-setiani-14716251003.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kohesi dan (2) koherensi yang ditunjukkan pada komposisi peserta tes simulasi IELTS untuk tugas menulis II. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang menerapkan metode analisis konten semantik terhadap wacana. Data dalam penelitian ini diambil dari 32 komposisi tes simulasi IELTS untuk tugas menulis II. Komposisi tersebut diambil dari SWIFT English School, sebuah institusi yang menyelenggarakan tes simulasi IELTS dan berlokasi di jalan Selokan Mataram nomor 1, Pringgolayan, Yogyakarta. Penelitian ini dilakukan mulai Agustus 2015 sampai Mei 2016. Unit analisis dalam penelitian ini adalah klausa dan teks dalam komposisi tes simulasi IELTS yang merepresentasikan kohesi dan koherensi. Analisis tingkat klausa digunakan untuk menganalisa kohesi sedangkan analisis tingkat teks dilakukan untuk menganalisa koherensi komposisi peserta tes simulasi IELTS. Sumber data dalam penelitian ini adalah hasil dari tes simulasi IELTS untuk tugas menulis II milik peserta dalam bentuk komposisi. Data dikumpulkan menggunakan kartu data. Poin-poin pengumpulan data adalah jenis-jenis kohesi dan tingkat koherensi. Data dianalisis menggunakan metode analisis konten semantik terhadap wacana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kohesi yang ditunjukkan pada komposisi peserta tes simulasi IELTS untuk tugas menulis II cenderung dasar, berulang, dan terkadang tidak akurat. Selain itu, tingkat koherensi yang ditunjukkan pada komposisi peserta tes simulasi IELTS untuk tugas menulis II adalah tingkat koherensi sedang yang banyak di antara paragrafnya disusun secara logis dan komposisi-komposisi tersebut kekurangan piranti kohesi yang cukup dan kekurangan piranti kohesi yang akurat. Oleh karena itu, disarankan kepada para pengajar untuk meningkatkan keinginan mereka dalam memberikan pemahaman kohesi dan koherensi kepada siswa. Selain itu, peneliti menyarankan para calon peserta tes IELTS untuk menggunakan piranti kohesi secara cukup dan akurat dan juga menggunakan susunan paragraf yang ideal dalam komposisi tes IELTS mereka.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kohesi, koherensi, tes simulasi IELTS, komposisi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 02 Nov 2016 07:04
Last Modified: 09 May 2019 07:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43116

Actions (login required)

View Item View Item