PELATIHAN PENYUSUNAN MODEL SPORT EDUCATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH

Ermawan, Susanto, M.Pd. and Sismadiyanto, M.Pd and Yudanto, - and Subagyo, M.Pd. (2010) PELATIHAN PENYUSUNAN MODEL SPORT EDUCATION SEBAGAI UPAYA MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SEKOLAH. Artikel PPM Unggulan.

[img] Text
Ermawan Susanto.docx

Download (13kB)

Abstract

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan pengetahuan dan keterampilan dalam penyusunan model sport education bagi guru pendidikan jasmani sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran pendidikan jasmani. Metode kegiatan menggunakan pendekatan teoritis yang terdiri dari pemaparan materi, diskusi, dan tanya jawab. Selanjutnya menyusun model sport education berbagai macam cabang olahraga pilihan. Masing-masing pendekatan di akhiri dengan evaluasi program pembelajaran. Materi yang disampaikan meliputi: penyampaian materi ceramah dan praktik tentang model sport education, implementasi model, dan penilaian model. Indikator keberhasilan ditandai dengan (1) tingginya motivasi peserta dalam mengikuti kegiatan, (2) dimilikinya pengetahuan dan keterampilan baru tentang model sport education pada pembelajaran pendidikan jasmani, dan (3) banyaknya jumlah peserta yang mampu membuat model sport education yaitu sejumlah 53 orang guru penjas. Berdasarkan hasil pelatihan penyusunan model sport education yang terdiri dari pembuatan silabus, RPP, dan model sport education, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) terdapat 8 kelompok atau 43 orang peserta yang berhasil membuat model sport education, dan (2) terdapat 2 kelompok atau 15 orang peserta yang belum berhasil membuat model sport education. Dari ke 8 kelompok yang berhasil membuat model sport education, diperoleh hasil sebagai berikut: (1) terdapat 2 kelompok yang membuat model sport education cabang olahraga bola basket, (2) terdapat 2 kelompok yang membuat model sport education cabang olahraga bola voli, (3) terdapat 2 kelompok yang membuat model sport education cabang olahraga futsal, (4) terdapat 1 kelompok yang membuat model sport education cabang olahraga atletik, (5) terdapat 1 kelompok yang membuat model sport education cabang olahraga senam.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Unggulan 2010
Uncontrolled Keywords: model sport education, pendidikan jasmani, pembelajaran
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 02 Nov 2016 05:35
Last Modified: 02 Nov 2016 05:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43113

Actions (login required)

View Item View Item