Peningkatan Keterampilan Berbicara pada Classroom English Mahasiswa Prodi PGSD FIP UNY Melalui Teknik Role-playing

Endahati, Nafisah (2010) Peningkatan Keterampilan Berbicara pada Classroom English Mahasiswa Prodi PGSD FIP UNY Melalui Teknik Role-playing. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-nafisah-endahati-08706251004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (40MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan classroom English pada mahasiswa kelas 1B prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta semester 1 TA 2009/2010. Upaya yang dilakukan adalah dengan penerapan teknik role-playing dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian tindakan kelas kolaboratif dan partisipatif ini dilakukan dalam tiga siklus. Langkah-langkah masing-masing siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Sebagai subjek penelitian adalah mahasiswa kelas 1B, prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan teknik rekaman. Data kualitatif dianalisis melalui reduksi data, paparan atau penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data kuantitatif dianalisis secara deskriptif dengan menghitung nilai rata-rata dan persentase skor hasil pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan teknik role-playing dalam pembelajaran bahasa Inggris dapat meningkatkan proses keterampilan berbicara pada classroom English. Hal ini dapat ditandai dengan meningkatnya keaktifan berbicara pada classroom English, interaksi antara guru dengan siswa, dan perhatian mahasiswa. Peningkatan keterampilan berbicara pada classroom English juga ditandai dengan meningkatnya hasil nilai keterampilan berbicara menjadi nilai rata-rata 161,18 atau 70,579% (siklus I), 176,31 atau 76,956% (siklus II), dan 198,16 atau 85,797% (siklus III).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: keterampilan berbicara, Classroon English, role-playing
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 02 Nov 2016 03:17
Last Modified: 05 Dec 2022 06:25
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43101

Actions (login required)

View Item View Item