Pengaruh Penguasaan Kosakata, Sintaksis, dan Minat Baca terhadap Kemampuan Memahami Bacaan Teks Berbahasa Inggris

Arifin, M. Zainal (2010) Pengaruh Penguasaan Kosakata, Sintaksis, dan Minat Baca terhadap Kemampuan Memahami Bacaan Teks Berbahasa Inggris. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-m-zainal-arifin-07706251003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh penguasaan kosakata, sintaksis, dan minat baca terhadap kemampuan memahami bacaan teks berbahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah ex post facto, dengan melibatkan tiga variabel bebas dan satu variabel terikat. Penguasaan kosakata sebagai variabel bebas satu (X1), sintaksis sebagai variabel bebas dua (X2), dan minat baca sebagai variabel bebas tiga (X3). Kemampuan memahami bacaan teks berbahasa Inggris sebagai variabel terikat (Y). Penelitian ini dilakukan di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Palangka Raya tahun akademik 2008/2009. Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Tadris Bahasa Inggris STAIN Palangka Raya yang berjumlah 249 mahasiswa dengan sampel sebanyak 151 mahasiswa, yang diambil secara proportional cluster random sampling. Instrumen penelitian menggunakan tes dan angket. Data dianalisis dengan teknik statistik Regresi Ganda yang diteruskan dengan Korelasi Parsial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa penguasaan kosakata mahasiswa dalam kategori sangat baik (70.20%), sintaksis dalam kategori baik (57.61%), minat baca dalam kategori baik (67.54%), dan kemampuan memahami bacaan teks berbahasa Inggris dalam kategori baik (52.32%). Hasil uji Regresi Ganda menunjukkan bahwa penguasaan kosakata, sintaksis, dan minat baca secara bersama-sama berpengaruh terhadap kemampuan memahami bacaan teks berbahasa Inggris (F = 13.121 sig. dengan ρ < 0.05). Sebanyak 64.1% variansi kemampuan memahami bacaan teks berbahasa Inggris ditentukan oleh penguasaan aspek kebahasaan, sintaksis, dan minat baca. Hasil Korelasi Parsial menunjukkan bahwa penguasaan kosakata berpengaruh terhadap kemampuan memahami bacaan teks berbahasa Inggris (r = 0.504 sig. dengan ρ < 0.05) dengan kontribusi sebesar 22.6%. Sintaksis berpengaruh terhadap kemampuan memahami bacaan teks berbahasa Inggris (r = 0.619 sig. dengan ρ < 0.05) dengan kontribusi sebesar 25.6%. Minat baca berpengaruh terhadap kemampuan memahami bacaan teks berbahasa Inggris (r = 0. 242 sig. dengan ρ < 0.05) dengan kontribusi sebesar 16.9%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kosakata, sintaksis, minat baca, memahami bacaan teks berbahasa Inggris
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Inggris
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Linguistik Terapan
Depositing User: Users 57 not found.
Date Deposited: 01 Nov 2016 09:08
Last Modified: 05 Dec 2022 02:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43074

Actions (login required)

View Item View Item