PELATIHAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN BAGI GURU-GURU SEKOLAH SEKOLAH DASAR SE-UNIT PELAYANAN TEKNIS (UPT) KECAMATAN PANGGANG KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Setya Raharja, M.Pd. and Meilina Bustari, M.Pd. and Lia Yuliana, M.Pd (2010) PELATIHAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN BAGI GURU-GURU SEKOLAH SEKOLAH DASAR SE-UNIT PELAYANAN TEKNIS (UPT) KECAMATAN PANGGANG KABUPATEN GUNUNGKIDUL. Artikel PPM Reguler.

[img] Text
Setya Raharja.doc

Download (71kB)

Abstract

Tujuan kegiatan pelatihan dalam pengabdian kepada masyarakat ini adalah : (1)Memberikan motivasi guru agar mau mengelola perpustakaan yang ada di sekolah; (2) Menumbuhkan minat baca pada diri siswa; (3) Memberikan pemahaman pengetahuan dan konsep tentang pengelolaan perpustakaan bagi para guru-guru sekolah dasar; dan (4) Memberikan kemampuan melaksanakan kegiatan teknis pada para guru dalam mengelola dan memanfaatkan perpustakaan sebagai sumber belajar. Metode pelatihan dengan menggunakan pendekatan ceramah/penyuluhan, diskusi/tanya jawab, demonstrasi, penugasan, monitoring, dan pendampingan. Metode ini dilakukan dengan harapan ada kesinambungan antar kegiatan yang dilakukan sehingga dapat menghasilkan suatu kegaiatan yang bermakna bagi sekolah khususnya dalam pengelolaan perpustakaan. Hasil dari kegiatan pelatihan pengelolaan perpsutakaan sekolah dasar ini dapat disimpulkan sebagai berikut: (1) Sasaran kegiatan pelatihan ini adalah meningkatkan kemampuan guru dalam pemahaman kegiatan tehnis pengelolaan perpustakaan mulai dari kegiatan inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, penyelesaian koleksi, penyajian koleksi, meningkatkan keterampilan guru dalam melaksanakan kegiatan tehnis pengelolaan perpustakaan mulai dari kegiatan inventarisasi, klasifikasi, katalogisasi, penyelesaian koleksi, penyajian koleksi. (2) Penerjunan mahasiswa dalam rangka praktek pengelolaan perpustakaan sekolah yang dipadukan dengan PPM dosen berhasil meningkatkan keefektifan penyelenggaraan perpustakaan sekolah dasar, terutama pada pengo-lahan koleksi, dari yang belum terolah sama sekali menjadi sekitar 50%-75% telah terselesaikan dengan baik dan benar.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Reguler 2010
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Pengelolaan Perpustakaan
Subjects: LPPM
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 01 Nov 2016 02:04
Last Modified: 01 Nov 2016 02:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43041

Actions (login required)

View Item View Item