PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA SMK NEGERI 3 MAGELANG

Wiwin, Andriani (2014) PENGARUH PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PROGRAM KEAHLIAN TATA BOGA SMK NEGERI 3 MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Wiwin Andriani 10511249001.pdf

Download (20MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa program keahlian tata boga SMK Negeri 3 Magelang; (2) prestasi belajar siswa program keahlian tata boga SMK Negeri 3 Magelang; (3) prestasi belajar normatif dan adaptif siswa program keahlian tata boga SMK Negeri 3 Magelang: (4) prestasi belajar produktif siswa program keahlian tata boga SMK Negeri 3 Magelang; (5) pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar (normatif, adaptif dan produktif) siswa program keahlian tata boga SMK Negeri 3 Magelang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto yang dilakukan di SMK Negeri 3 Magelang pada bulan Desember - Juni 2014. Populasi penelitian ini adalah siswa program keahlian tata boga di SMK Negeri 3 Magelang yang berjumlah 326 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah stratified sampling dengan alokasi proporsional dengan menggunakan Nomogram Harry King dengan taraf signifikan 5% sehingga diperoleh sampel dengan jumlah 130 responden. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu angket dan dokumentasi. Pengujian persyaratan analisis pada penelitian ini meliputi uji normalitas dan linearitas. Pengujian hipotesis pada penelitian ini menggunakan Pearson Korelasi Product Moment dengan bantuan program SPSS v.16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pemanfaatan perpustakaan oleh siswa program keahlian tata boga SMK Negeri 3 Magelang dilihat dari manfaat perpustakaan dikategorikan sedang yaitu sebesar 89,2%, sedangkan dilihat dari sisi faktor yang mempengaruhi pemanfaatan perpustakaan dikategorikan tinggi yaitu sebesar 94,6%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa program keahlian tata boga SMK Negeri 3 Magelang memanfaatkan perpustakaan dengan baik; (2) prestasi belajar siswa program keahlian tata boga SMK Negeri 3 Magelang dikategorikan sedang, yaitu sebesar 50,8%. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa telah tercapai; (3) prestasi belajar normatif, adaptif siswa program keahlian tata boga SMK Negeri 3 Magelang dikategorikan sedang, yaitu sebesar 48,5%. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar normatif, adaptif siswa telah tercapai; (4) prestasi belajar produktif siswa program keahlian tata boga SMK Negeri 3 Magelang dikategorikan sedang, yaitu sebesar 59,2%. Hal ini menunjukkan bahwa prestasi belajar produktif siswa telah tercapai; (5) terdapat pengaruh antara pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa program keahlian tata boga SMK Negeri 3 Magelang dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,974. Kata kunci : Pemanfaatan perpustakaan, Prestasi belajar (Normatif, Adaptif dan Priduktif) Siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 01 Nov 2016 04:22
Last Modified: 30 Jan 2019 11:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/43040

Actions (login required)

View Item View Item