LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI TK PERTIWI NANGSRI BRAJAN, NANGSRI, MANISRENGGO, KLATEN

Marsella Wahyu Suzanti, Marsella Wahyu Suzanti (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) LOKASI TK PERTIWI NANGSRI BRAJAN, NANGSRI, MANISRENGGO, KLATEN. Project Report. LPPMP, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
11111241006_MARSELLA WAHYU SUZANTI_PG-PAUD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan langkah strategis untuk melengkapi kompetensi mahasiswa calon tenaga kependidikan. PPL Mahasiswa dapat mendarmabaktikan ilmu akademisnya dilapangan. Sebaliknya mahasiswa juga dapat belajar dari lapangan. Dengan demikian mahasiswa dapat member dan menerima (give and take) berbagai keilmuan yang dapat menghantarkan mahasiswa menjadi calon tenaga pendidikan profesional. Penyusun melaksanakan observasi pada Selasa, 11 Februari 2014 sampai Sabtu, 15 Februari 2014. Program PPL dibagi dalam program pengajaran dan non pengajaran. Program pengajaran dilaksanakan sebanyak sembilan kali pertemuan, yang meliputi enam kali pertemuan pengajaran biasanya, dan dua kali pertemuan untuk ujian mengajar. Untuk melaksanakan program pengajaran tersebut, penyusu melalui enam tahap proses pengajaran, yaitu (1) Penyusunan RKH ; (2) Konsultasi RKH; (3) Pembuatan media pembelajaran; (4) Pembuatan instrument; (5) Mengajar di kelas; dan (6) Penilaian Harian. Selain itu setelah pelaksanaan pembelajaran, penyusun masih bertugas untuk menganalisis hasil pembelajaran untuk mengetahui efektivitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Selama penyusun diberi kesempatan untuk mengajar secara mandiri, awalnya penyusun membuat kesalahan pada alat penilaian yang digunakan untuk mengukur indikator. Hal ini terbukti banyak coretan yang diberikan oleh guru kelas B2 kepada penyusun. Namun, penyusun tidak lagi membuat kesalahan mulai dari pertemuan kelima. Hasil yang diperoleh selama mengajar mandiri sebanyak sembilan kali, terlihat dari berkembangannya kemampuan anak dalam hal pengungkapan bahasa, sopan-santun, kedisiplinan, kemampuan menulis dan berhitung, kemampuan menjahit, sikap percaya diri anak, kemandirian anak, dan kemampuan yang melibatkan fisik-motorik anak. Kegiatan PPL Pengajaran diakhiri dengan ujian pembelajaran sebanyak dua kali pertemuan. Setelah itu dilanjutkan dengan kegiatan penarikan PPL oleh Bp. Joko Pamungkas, M. Pd selaku DPL PPL TK Pertiwi Nangsri. Penarikan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Agustus 2014 di TK Pertiwi Nangsri.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: PPL, Perencanaan, Pelaksanaan Pembelajaran, Analisis Hasil, dan Penarikan.
Subjects: LPPMP
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP
Date Deposited: 31 Oct 2016 01:50
Last Modified: 01 Oct 2019 12:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42981

Actions (login required)

View Item View Item