LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENGAJARAN TK PERTIWI NANGSRI BRAJAN, NANGSRI, MANISRENGGO, KLATEN

ARINDA NURCAHYANI, ARINDA NURCAHYANI (2014) LAPORAN PRAKTEK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) PENGAJARAN TK PERTIWI NANGSRI BRAJAN, NANGSRI, MANISRENGGO, KLATEN. Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
BAB I, II, III.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 1. Matriks.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 1. Matriks.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 2. Catatan Mingguan.pdf

Download (438kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran 3. Perangkat Pembelajaran.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

raktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu mata kuliah yang memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dibidang tenaga kependidikan untuk dapat praktik mengajar secara langsung disekolah. Kegiatan dalam mata kuliah PPL ini terkait dengan proses pembelajaran serta kegiatan lain yang mendukung berlangsungnya kegiatan pembelajaran. Mata kuliah PPL ditujukan pada masyarakat sekolah, masyarakat sekitar sekolah, baik kegiatan akademis dan pembelajaran maupun kegiatan untuk meningkatkan proses pembelajaran sesuai dengan kompetensi guru yang harus dikuasai sebagai seorang pendidik. Sekolah yang dijadikan mitra dengan UNY salah satunya adalah TK Pertiwi Nangsri. TK Pertiwi Nangsri berlokasi di dusun Brajan, Manisrenggo, Klaten, Jawa Tengah. Observasi di TK mulai dilakukan pada Selasa, 11 Februari 2014 sampai Sabtu, 15 Februari 2014. Program PPL dibagi dalam program pengajaran dan non pengajaran. Program pengajaran dilaksanakan sebanyak sembilan kali pertemuan, yang meliputi tujuh kali pertemuan menjadi guru utama, dan dua kali pertemuan sebagai ujian mengajar. Pelaksanakan program pengajaran tersebut, penyusu melalui enam tahap proses pengajaran, yaitu (1) Penyusunan RKH; (2) Konsultasi RKH; (3) Pembuatan media pembelajaran; (4) Pembuatan instrument; (5) Mengajar di kelas; dan (6) Penilaian Harian. Selain itu setelah pelaksanaan pembelajaran, penyusun masih bertugas untuk menganalisis hasil pembelajaran untuk mengetahui efektivitas perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Selain pada kegiatan pengajaran, adapun kegiatan non pengajaran seperti optimalisasi guru dalam program UKS, Optimalisasi guru dalam pembuatan dan pemanfaatan media, sumber belajar, dan dekorasi, Pembentukan diri berbudaya melalui tata tertib sekolah, Pengadaan polisi sampah, Pengadaan program Jumat sehat, Pengadaan program Sabtu hijau, Parenting school, Pengadaan Upacara Bendera, Pelatihan dan pembentukan dokter kecil, Pemantauan gizi dan kesehatan anak, Pameran karya anak dengan bahan dasar sampah, dan Pengenalan tempat-tempat umum melalui kegiatan field trip. Kegiatan PPL Pengajaran diakhiri dengan ujian pembelajaran sebanyak dua kali pertemuan. Setelah ujian, maka mahasiswa PPL akan ditarik kembali oleh pihak Universitas Negeri Yogyakarta oleh Dewan Pembimbing Lapangan PPL yaitu Bp. Joko Pamungkas, M. Pd. Penarikan tersebut dilaksanakan pada hari Selasa, 16 Agustus 2014 di TK Pertiwi Nangsri.

Item Type: Article
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 31 Oct 2016 01:39
Last Modified: 31 Oct 2016 01:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42977

Actions (login required)

View Item View Item