Pelatihan Pembuatan Hidram (Pompa Tenaga Air) Sebagai Alternatif Penghematan Tenaga Listrik dan Pemenuhan Kebutuhan Air Pada Musim Kemarau

Agus Budiman, M.Pd, M.T. (2010) Pelatihan Pembuatan Hidram (Pompa Tenaga Air) Sebagai Alternatif Penghematan Tenaga Listrik dan Pemenuhan Kebutuhan Air Pada Musim Kemarau. Artikel PPM Reguler.

[img] Text
Agus Budiman.docx

Download (11kB)

Abstract

Kegiatan PPM dengan judul Pelatihan Pembuatan Hidram (Pompa Tenaga Air) Sebagai Alternatif Penghematan Tenaga Listrik dan Pemenuhan Kebutuhan Air Pada Musim Kemarau ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan para warga Kolodanan dalam hal pompa hidram, terutama dalam perencanaan, pemilihan bahan dan penyebab-penyebab hidram tidak dapat berfungsi sehingga nantinya dapat membuat hidram secara mandiri. Metode kegiatan yang digunakan dalam pelatihan ini adalah ceramah dan demonstrasi serta praktek dan pembimbingan. Metode Ceramah dan Demonstrasi digunakan untuk memberikan informasi dan pemahaman peserta berbagai hal yang berkaitan dengan teknologi hidram. Adapun Praktek dan Pembimbingan digunakan untuk memberikan kesempatan berlatih membuat hidram. Hasil evaluasi pelaksanaan pelatihan menunjukkan bahwa dari 32 peserta pelatihan, 29 peserta mencapai kehadiran 100 % dan sisanya rata-rata 80% - 90 %. Hasil evaluasi juga diketahui, PPM ini menghasilkan dua pompa hidram dengan spesifikasi diameter pipa 4 inchi, dengan kapasitas 68 – 137 liter/menit, tinggi angkatan air 15 meter.

Item Type: Article
Additional Information: Laporan Akhir PPM Reguler 2010
Uncontrolled Keywords: Pelatihan, Hidram, Musim Kemarau
Subjects: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Divisions: LPPM - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Depositing User: LPPM UNY
Date Deposited: 31 Oct 2016 01:05
Last Modified: 31 Oct 2016 01:05
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42965

Actions (login required)

View Item View Item