Kontribusi Kemampuan Guru, Disiplin Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengelasan SMK di Yogyakarta

Miyanto, Agus (2012) Kontribusi Kemampuan Guru, Disiplin Belajar Siswa, dan Fasilitas Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pengelasan SMK di Yogyakarta. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agus miyanto-10702259037.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kualitas kemampuan guru, (2) kualitas disiplin belajar siswa, (3) kualitas fasilitas belajar siswa, (4) besarnya kontribusi kemampuan guru terhadap prestasi belajar siswa, (5) besamya kontribusi disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa, (6) besarnya kontribusi fasilitas belajar siswa, (7) besamya kontribusi kemampuan guru, disiplin belajar siswa dan fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran las Shielded Metal Arc Welding (SMAW) secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian survei. Populasi penelitian berjumlah 198 siswa kelas X teknik pengelasan SMK di Yogyakarta. Dengan teknik proportional random sampling sampel yang digunakan sebesar 128 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket yang terdiri dari 52 butir pertanyaan variabel kemampuan guru, 26 butir pertanyaan variabel disiplin belajar siswa, dan 39 butir pertanyaan variabel fasilitas belajar siswa. Pengujian validitas butir angket dilakukan dengan expert judgment dan korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan alfa-Cronboch. Analisis data menggunakan teknik regresi linier sederhana dan ganda tiga prediktor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat kemampuan guru termasuk pada kategori sangat baik (86,47 % dari yang diharapkan); (2) tingkat disiplin belajar siswa termasuk pada kategori baik (85,73% dari yang diharapkan); (3) tingkat fasilitas belajar siswa termasuk pada kategori baik (77,44% dari yang diharapkan); (4) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan guru terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,560, dan kontribusi sebesar 31,4%; (5) terdapat hubungan yang positif antara disiplin belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,643, dan kontribusi sebesar 41,3%; (6) terdapat hubungan yang positif antara fasilitas belajar siswa terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,725, dan kontribusi sebesar 52,5%; (7) terdapat hubungan yang positif antara kemampuan guru, disiplin belajar siswa, dan fasilitas belajar siswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar siswa sebesar 0,769; dan kontribusi bersama-sama sebesar 59,1%. Hal ini berarti variabel bebas X1, X2, X3 mempengaruhi variabel terikat (Y) secara terpisah maupun bersama-sama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kompetensi guru, disiplin belajar siswa, fasilitas belajar siswa, prestasi belajar siswa, las listrik
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 25 Oct 2016 01:46
Last Modified: 22 Sep 2022 08:04
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42740

Actions (login required)

View Item View Item