PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI MEKANISME KERJA SISTEM SARAF UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 3 YOGYAKARTA

Nuzulia, Rizza Untsa (2016) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI MEKANISME KERJA SISTEM SARAF UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMAN 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
RIZZA UNTSA NUZULIA 12317244022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik, (2) mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan minat belajar siswa, dan (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development. Pengembangan media pembelajaran interaktif menggunakan modifikasi dari model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subyek dalam penelitian ini adalah 2 ahli materi, 2 ahli media, 2 guru biologi, dan 16 siswa kelas XI IPA 2 SMAN 3 Yogyakarta. Instrumen yang digunakan berupa angket penilaian kualitas kelayakan media pembelajaran, angket tanggapan siswa, angket minat belajar siswa, pedoman wawancara, dan soal tes pemahaman konsep. Hasil penilaian kualitas kelayakan produk dianalisis menggunakan modus untuk mengkategorikan kualitas media pembelajaran. Peningkatan minat belajar siswa dianalisis dengan menggunakan persentase untuk mengkategorikan tingkat minat belajar. Peningkatan hasil belajar siswa dengan pembelajaran menggunakan produk dianalisis dengan gain score. Hasil penelitian menunjukkan kualitas kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi dikategorikan sangat baik, oleh ahli media dan guru biologi dikategorikan baik. Respon siswa menunjukkan sebagian besar siswa setuju media pembelajaran ini layak digunakan. Hasil analisis minat belajar menunjukkan peningkatan dari kategori sedang menjadi sangat tinggi, dan hasil analisis peningkatan hasil belajar dengan gain score ternormalisasi 0,68 menunjukkan peningkatan dalam kategori sedang. Simpulan menunjukkan media pembelajaran interaktif berbasis pendekatan saintifik pada materi mekanisme kerja sistem saraf ini layak digunakan dan efektif meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI SMAN 3 Yogyakarta. Kata kunci: media pembelajaran, sistem saraf, minat belajar, hasil belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Biologi
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Biologi > Pendidikan Biologi
Depositing User: Admin Biologi FMIPA
Date Deposited: 25 Oct 2016 02:19
Last Modified: 30 Jan 2019 11:27
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42710

Actions (login required)

View Item View Item