KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA ABAKUS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV DI SLB C1 DHARMA RENA RING PUTRA 1

Nurma, Nurhayati (2014) KEEFEKTIFAN PENGGUNAAN MEDIA ABAKUS UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA BAGI ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI SEDANG KELAS IV DI SLB C1 DHARMA RENA RING PUTRA 1. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103244009_NURMA NURHAYATI.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan menguji penggunaan media abakus untuk meningkatan prestasi belajar matematika bagi anak tunagrahita kategori sedang kelas IV di SLB C1 Dharma Rena Ring Putra 1. Penelitian ini merupakan Penelitian kuasi eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A’. Subjek penelitian merupakan anak tunagrahita kategori sedang kelas IV, yakni (L). Objek penelitian ini adalah kemampuan operasi penjumlahan. Pengumpulan data dilakukan dengan tes hasil belajar dan observasi respon siswa pada saat pelaksanaan perlakuan. Data yang diperoleh dianalisis melalui statisik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Pengumpulan data dilakukan melalui pengukuran kemampuan operasi penjumlahan bagi anak tunagrahita kategori sedang menggunakan tes essay. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa selama proses pembelajaran matematika menggunakan media abakus siswa aktif dan antusias memperhatikan penjelasan yang disampaikan guru, memberikan respon dengan mengikuti instruksi guru saat mempraktikkan media abakus selama perlakuan pembelajaran. Hasil kemampuan operasi penjumlahan yang diperoleh siswa ditunjukkan dengan naiknya skor pada mean level. Mean level siswa meningkat dari 8,67% pada kondisi baseline-1 (A-1) menjadi 26,2% pada saat intervensi (B) dan 25% pada saat baseline-2 (A-2). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diketahui bahwa media abakus efektif dapat meningkatkan prestasi belajar matematika tentang operasi penjumlahan pada anak tunagrahita kategori sedang kelas IV di SLB C1 Dharma Rena Ring Putra 1.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 24 Oct 2016 04:26
Last Modified: 30 Jan 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42692

Actions (login required)

View Item View Item