PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU POP-UP PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS IV DI SLB DHARMA RENA RING PUTRA 1 YOGYAKARTA

Diyah, Ayu Dwijayanti (2014) PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BUKU POP-UP PADA ANAK TUNAGRAHITA KATEGORI RINGAN KELAS IV DI SLB DHARMA RENA RING PUTRA 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103244014_DIYAH AYU DWIJAYANTI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan media buku pop-up pada anak tunagrahita kategori ringan kelas IV di SLB Dharma Rena Ring Putra I Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian yaitu dua siswa tunagrahita kategori ringan kelas IV di SLB Dharma Rena Ring Putra I Yogyakarta. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan membaca permulaan, observasi terhadap partisipasi siswa dan dokumentasi sebagai data pelengkap. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik komparatif, yaitu dengan membandingkan antara skor pretest dengan skor post test dan nilai keberhasilan yang telah ditentukan. Hasil penelitian menyatakan bahwa media buku pop-up dapat meningkat kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita kategori ringan di SLB Dharma Rena Ring Putra 1 Yogyakarta. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan skor rata-rata hasil observasi partisipasi siswa yang menunjukkan kategori sangat baik, yaitu sebesar 84 pada siklus I, sedangkan untuk siklus II mendapatkan skor 86 dan 88. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media buku pop-up dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada anak tunagrahita kategori ringan kelas IV di SLB Dharma Rena Ring Putra I Yogyakarta. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya peningkatan skor pada subjek ULI dari 50 ke 62 dan untuk post test II sebesar 87. Subjek ID dari skor 55 menjadi 75 dan 92 di post test II. Dengan skor yang selalu meningkat dari pre test ke post test I lalu ke post test II, dengan demikian media buku pop-up dapat meningkat kan kemampuan membaca permulaan anak tunagrahita kategori ringan. Berdasarkan hasil observasi terhadap partisipasi belajar siswa, anak tunagrahita kategori ringan lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan media buku pop-up dibanding dengan media buku bergambar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 24 Oct 2016 04:13
Last Modified: 30 Jan 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42689

Actions (login required)

View Item View Item