LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL)

: Arizqi Nurhamsyah, : Arizqi Nurhamsyah (2014) LAPORAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL). Laporan PPL.

[img]
Preview
Text
Untitled-3.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Untitled-4.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Untitled-5.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Untitled-6.pdf

Download (7MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Untitled-7.pdf

Download (8MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Untitled-8.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
DOKUMENTASI KEGIATAN.pdf

Download (622kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ISI pdf.pdf

Download (322kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN PNW (1).pdf

Download (27kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR AWAL pdf.pdf

Download (226kB) | Preview

Abstract

Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) merupakan suatu kegiatan untuk meningkatkan pengalaman dan keterampilan mahasiswa agar dapat langsung merasakan dan menyelesaikan berbagai masalah maupun kendala yang seringkali muncul di lapangan terutama yang berkaitan dengan pendidikan dan pembelajaran di sebuah lembaga atau sekolah. Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) ini perpaduan kegiatan yang bertujuan mengembangkan potensi mahasiswa sebagai calon pendidik dan tenaga kependidikan. Penempatan mahasiswa di lokasi PPL diharapkan mampu meningkatkan skill mahasiswa. PPL merupakan sarana belajar menjadi tenaga pendidik yang profesional dengan berbagai kompetensi yang harus dimiliki. Program kegiatan PPL ini yang dilaksanakan mulai tanggal 2 Juli sampai dengan 17 September 2014 di SMK Negeri 4 Klaten yang terletak di Jalan Mataram no. 5, Belangwetan, Klaten Utara, Klaten. Mahasiswa praktikan memperoleh tugas agar mempersiapkan praktik mengajar di dalam kelas yang disesuaikan dengan Standar Kompetensi yang diampu oleh guru pembimbing masing-masing. Guru pembimbing memberikan kesempatan dan kebebasan penuh terhadap mahasiswa praktikan dalam mengelola kelas yang diampunya. Dalam rangkaian kegiatan PPL telah dilaksanakan berbagai kegiatan. Program kegiatan PPL dimulai dari kegiatan observasi kelas, perencanaan meliputi konsultasi dengan guru pembimbing maupun DPL PPL, penyusunan silabus, persiapan materi, penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Penyusunan materi pembelajaran, penyusunan soal-soal ulangan, persiapan metode dan media pembelajaran. Kegiatan praktik mengajar di kelas telah dilakukan 6 kali tatap muka per minggu selama 6 minggu dengan 8 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Mahasiswa praktikan mengampu 3 kelas yaitu kelas X AP 1, X AP 2, dan X AP 3 dengan mata pelajaran yang diampu adalah Otomatisasi Perkantoran. Pelaksanaan kegiatan PPL di SMK Negeri 4 Klaten ini dapat dilaksanakan dengan baik. Hal ini tidak terlepas dari peran guru pembimbing dalam membimbing mahasiswa praktikan selama melaksanakan PPL, peran siswa selama kegiatan belajar mengajar (KBM). Melalui kegiatan PPL tersebut, mahasiswa praktikan dapat mengaplikasikan pengetahuan dan pengajaran praktik yang telah diperoleh selama di sekolah, khususnya pengalaman mengajar di kelas teori dan praktik dapat berguna di masa depan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: PPL, Kependidikan, SMK Negeri 4 Klaten
Subjects: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Divisions: LPPMP - Lembaga Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan
Depositing User: LPPMP UNY
Date Deposited: 24 Oct 2016 00:48
Last Modified: 24 Oct 2016 00:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42654

Actions (login required)

View Item View Item