PENGARUH MEDIA VISUAL BERBENTUK BAGAN POHON TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA AUTIS KELAS VI SD DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA

Fitri, Yani Subagyo (2014) PENGARUH MEDIA VISUAL BERBENTUK BAGAN POHON TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA AUTIS KELAS VI SD DI SLB AUTISMA DIAN AMANAH YOGYAKARTA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103244023_FITRI YANI SUBAGYO.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media visual berbentuk bagan pohon terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa autis kelas VI SD di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta. Pendeketan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan pendekatan Single Subject Research (SSR). Desain yang digunakan adalah A – B. Subjek penelitian merupakan siswa autis kelas VI Sekolah Dasar yang memiliki permasalahan pada kemampuan membaca pemahaman. Pengumpulan data dilakukan dengan tes unjuk kerja kemampuan membaca pemahaman dan didukung oleh data deskriptif kualitatif hasil observasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui statistik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen-komponen yang dianalisis yaitu analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif media visual berbentuk bagan pohon terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa autis. Pengaruh positif ditunjukkan oleh peningkatan kemampuan membaca pemahaman pada subjek. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman subjek ditunjukkan dengan adanya peningkatan frekuensi kemampuan menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan isi materi bacaan secara mandiri dari fase baseline ke fase intervensi. Frekuensi munculnya target behavior subjek pada fase baseline (A) terdapat tiga sesi dengan frekuensi 0, 0, 0. Sedangkan pada fase intervensi (B) terdapat lima sesi dengan frekuensi 1, 2, 2, 3, 2. Berdasarkan data yang diperoleh dari tes unjuk kerja kemampuan membaca pemahaman, media visual berbentuk bagan pohon berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman siswa autis. Hal tersebut juga didukung oleh data deskriptif kualitatif dari hasil observasi, perilaku siswa selama pembelajaran lebih baik pada fase intervensi dibandingkan pada fase baseline. Pengaruh media visual berbentuk bagan pohon terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa autis juga didukung oleh tingkat prosentase overlap yang rendah yaitu berada pada level 0%. Secara keseluruhan penerapan media visual berbentuk bagan pohon berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman pada siswa autis kelas VI SD di SLB Autisma Dian Amanah Yogyakarta.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 22 Oct 2016 08:14
Last Modified: 30 Jan 2019 11:26
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42644

Actions (login required)

View Item View Item