KEEFEKTIFAN MEDIA COMPACT DISC INTERAKTIF ABACADA® TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA SISWA AUTIS KELAS TK B DI SEKOLAH AUTIS HIPERAKTIF PUTRA HARAPAN BUNDA KULON PROGO

Agung, Lian Prasetyadi (2014) KEEFEKTIFAN MEDIA COMPACT DISC INTERAKTIF ABACADA® TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA PADA SISWA AUTIS KELAS TK B DI SEKOLAH AUTIS HIPERAKTIF PUTRA HARAPAN BUNDA KULON PROGO. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
10103244030_AGUNG LIAN PRASETYADI.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan media compact disck (CD) Interaktif Abacada® terhadap penguasaan kosakata pada anak autis kelas TK B di Sekolah Autis Hiperaktif Putra Harapan Bunda. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan jenis penelitian Single Subjek Research (SSR). Adapun desain penelitian yang digunakan yaitu desain A (baseline) - B (intervensi). Subyek penelitian merupakan seorang siswa autis kelas TK B. Pengumpulan data menggunakan tes unjuk kerja, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis melalui statisik deskriptif dan ditampilkan dalam bentuk grafik. Komponen-komponen yang dianalisis meliputi analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media CD Interaktif Abacad® efektif terhadap kemampuan penguasaan kosakata pada siswa autis kelas TK B di Sekolah Autis Hiperaktif Putra Harapan Bunda. Keefektifan tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan sebesar 33,3%. Pada fase baseline AZ mendapat rerata 50% sedangkan pada fase intervensi mendapatkan rerata 83,3%. Hal tersebut juga didukung oleh presesntase overlap sebesar 0% yang menunjukkan bahwa intervensi memberikan pengaruh yang baik terhadap target behavior yang diubah.Kemampuan penguasaan kosakata benda subyek ditunjukkan dengan anak mampu menyebutkan dan menunjukkan gambar berdasarkan pola suku katanya (dua suku kata, tiga suku kata, kata dengan dengung, kata berulang). Peningkatan tersebut diperoleh dengan bimbingan khusus dari guru berupa: 1) guru membimbing siswa memegang mouse dengan memegang tangan siswa; 2) guru membimbing siswa menirukan pengucapan kata dengan meminta siswa mengamati bibir guru sambil melatih konsentrasi siswa dalam belajar kontak mata agar lebih fokus dalam belajar.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Admin Pendidikan Luar Biasa FIP
Date Deposited: 22 Oct 2016 08:10
Last Modified: 22 Oct 2016 08:10
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/42643

Actions (login required)

View Item View Item